Helo Timor Leste

Cuma Kirab Bendera dari Jakarta ke IKN Sudah Pecah Sejarah, Coba Lihat 17 Agustus Nanti

Ugu - Ekonomi
Minggu, 11 Aug 2024 07:09
    Bagikan  
Istana Garuda
Istimewa

Istana Garuda - Duplikat Bendera Merah Putih telah sampai di Istana Garuda IKN

Helotimorleste- Kirab Merah Putih Bersejarah Tiba di IKN untuk pertama kalinya dalam sejarah, bendera Merah Putih dan teks proklamasi telah berhasil diarak dari Monumen Nasional (Monas) Jakarta menuju Ibu Kota Nusantara (IKN).

Prosesi bersejarah ini menandai dimulainya rangkaian perayaan HUT ke-79 RI.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan acara ini. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi.

"Ini adalah keberhasilan kita semua dan tentu ini juga adalah atas doa yang dipanjatkan oleh seluruh anak bangsa yang ingin rangkaian kegiatan hari kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia berjalan dengan lancar dan khidmat," ucapnya secara tertulis 

Baca juga: Pertama Kali HUT RI ke 79 Dilaksanakan Hibrid, Jokowi Prioritaskan Masyarakat Sekitar IKN

Hal senada juga disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut kirab yang membawa duplikat bendera pusaka merah putih dan naskah proklamasi dari Monas ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (10/8/2024) merupakan momen bersejarah.

"Hari ini tercipta momen bersejarah. Untuk pertama kalinya, bendera duplikat Sang Merah Putih dan teks proklamasi diarak dari Monas ke Ibu Kota Nusantara (IKN)," tulis Jokowi di akun X, Sabtu, 10 Agustus 2024.

Menurut Jokowi kirab ini tidak hanya menjadi simbol penghormatan terhadap sejarah bangsa, tetapi juga menyatukan semangat persatuan.

Baca juga: Kereta Otonom Tanpa Rel IKN Siap Uji Coba, Intip Spesifikasinya

"Berbagai elemen masyarakat terlibat, termasuk 180 Abang-None Jakarta, 122 Purna Paskibraka Jakarta, serta siswa IPDN, politeknik, dan pamong praja ikut dalam kirab tersebut." ungkapnya.

"Kesenian dan kearifan lokal turut memeriahkan kirab ini, menghadirkan nuansa budaya yang kental sepanjang perjalanan," jelasnya.

Lantas Jokowi berharap dengan kirab ini bisa menumbuhkan semangat kebangsaan, persatuan, dan gotong royong terus menyala dan menginspirasi seluruh rakyat Indonesia.

Sebelumnya, duplikat bendera pusaka merah putih dan teks proklamasi dikirab dari kawasan Monas di Jakarta Pusat menuju ke Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur untuk dilanjutkan diterbangkan menuju Kalimantan Timur.

Prosesi kirab dari Monas ke Halim Perdanakusuma dimulai pukul 08.00 WIB dengan menempuh jarak sekitar 14 kilometer selama 1 jam 15 menit.

Setibanya di Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (10/8/2024), bendera merah putih dan teks proklamasi lalu kembali dikirab dari Bandara Sepinggan Balikpapan menuju Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN).***