Helo Timor Leste

Kereta Otonom Tanpa Rel IKN Siap Uji Coba, Intip Spesifikasinya

Ugu - Ekonomi
Senin, 22 Jul 2024 18:28
    Bagikan  
Bus cepat tanpa rel
Istimewa

Bus cepat tanpa rel - Segera uji coba

Helotimorleste- Moda transportasi masa depan Ibu Kota Nusantara (IKN) telah mendarat di Jakarta! Kereta otonom (tanpa pengemudi) atau Autonomous Rail Transit (ART) yang inovatif, merupakan bagian dari sistem transportasi cerdas IKN, resmi tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada hari Selasa, 16 Juli 2024.

ART, hasil kolaborasi BUMN China CRRC Zhuzhou Institute Co Ltd dan Norinco, ini bukan sembarang kereta. Kereta canggih ini mampu **melaju tanpa rel** menjadikannya solusi transportasi ramah lingkungan yang mutakhir.

Menuju Balikpapan dan Persiapan Uji Coba

Saat ini, ART dalam perjalanan menuju Balikpapan, Kalimantan Timur, dan diprediksikan tiba antara 24-27 Juli 2024. Setibanya di sana, tim teknis CRRC Zhuzhou & Norinco akan melakukan pemasangan dan uji coba mandiri selama tiga hari, mulai 31 Juli hingga 2 Agustus 2024.

Puncaknya, pada tanggal 10 Agustus 2024, ART akan menjalani uji coba Proof of Concept (PoC) bertepatan dengan penghentian sementara pekerjaan konstruksi infrastruktur dasar IKN. Momen ini menjadi penanda penting dalam mewujudkan sistem transportasi cerdas di IKN.

Spesifikasi Canggih ART

Mari kita telusuri lebih dalam spesifikasi ART yang memukau:
- Panjang: 30 meter, terdiri dari 3 gerbong
- Kecepatan: Melaju hingga 70 km/jam
- Kapasitas: Mengangkut hingga 300 penumpang
- Teknologi: Berjalan dengan ban karet di atas "rel virtual"
- Daya: Ditenagai oleh beterai
- Jarak Tempuh: Mampu menempuh 40 kilometer dengan sekali pengisian daya

Solusi Transportasi Modern

ART hadir sebagai jawaban atas kebutuhan transportasi modern yang ramah lingkungan dan efisien. Kemampuannya untuk beradaptasi dengan medan dan merencanakan rutenya sendiri menjadikannya solusi ideal untuk mobilitas di IKN.

Kereta otonom ini tidak hanya menawarkan kelancaran dan kenyamanan bagi para penumpang, tetapi juga berkontribusi dalam mengurangi emisi gas buang dan polusi suara.