Helo Timor Leste

Moranbong Girl Band Pertama dari Korea Utara, Personelnya Dipilih dan untuk Memuja Kim Jong-un

Ugu - Hiburan
Rabu, 23 Aug 2023 09:51
    Bagikan  
INILAH MORANBONG GIRL BAND BUATAN KOREA UTARA
tangkap layar video @mindcruster

INILAH MORANBONG GIRL BAND BUATAN KOREA UTARA - The Moranbong Band, juga dikenal sebagai Moran Hill Orchestra, adalah sebuah grup musik wanita di Korea Utara yang anggotanya dipilih langsung oleh pemimpin tertinggi negara, Kim Jong-un.

HELOTIMORLESTE.COM - Boy and girl band produksi Korea Selatan sudah mendunia sejak muncul dan lahirnya tarian Gangnam, 2012. Ternyata Korea Utara juga tak mau kalah, negeri tirai besi itu juga punya girl band bernama  The Moranbong Band, juga dikenal sebagai Moran Hill Orchestra.

Mereka adalah kelompok girl band  grup musik wanita di Korea Utara yang anggotanya dipilih langsung oleh pemimpin tertinggi negara, Kim Jong-un.

Tampil dengan lagu-lagu yang memuji pemimpin negara dan ideologinya, mereka adalah grup musik wanita pertama dari Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK) dan melakukan debut pada tanggal 6 Juli 2012.

Berdirinya Moranbong Band dapat dilihat sebagai respon terhadap kesuksesan hallyu Korea Selatan, Korean Wave, dari musik pop kontemporer.

Baca juga: Mengurangi Satu Jenis Makanan Sama Dengan Menghilangkan 8 Juta Mobil di Jalan

Grup ini telah tampil di acara-acara penting di Korea Utara dan telah digunakan sebagai alat diplomasi lunak oleh rezim.

Tur internasional pertama Moranbong, tiga konser yang direncanakan di Beijing pada bulan Desember 2015, dibatalkan setelah pihak berwenang Tiongkok keberatan dengan lirik "anti-Amerika" karena khawatir akan meningkatnya ketegangan

Band ini muncul kembali pada Februari 2016 dengan sebuah pertunjukan untuk merayakan uji coba rudal baru-baru ini.

Baca juga: Semua Penumpang Kereta Gantung di Pakistan Berhasil Diselamatkan

Selama tahun 2012 - 2016, Moranbong Band merupakan salah satu bagian penting dalam kehidupan Korea Utara, yang sering tampil untuk menandai acara-acara dan hari libur nasional yang penting.


Moranbong Band belum diterima secara luas di luar Korea Utara. Pada tahun 2015, band ini dijadwalkan untuk melakukan tiga konser di Beijing, tetapi tur tersebut dibatalkan setelah pihak berwenang Tiongkok keberatan dengan lirik "anti-Amerika" karena takut akan meningkatnya ketegangan.

Baca juga: Dua Anak Berhasil Diselamatkan dalam Insiden Anak-anak Terperangkap dalam Kereta Gantung Pakistan

Band ini muncul kembali pada Februari 2016 dengan sebuah pertunjukan untuk merayakan uji coba rudal baru-baru ini

Meskipun analis Korea Selatan melihat band ini sebagai sinyal keterbukaan terhadap dunia luar, surat kabar Korea Utara menjawab bahwa "tidak akan ada yang namanya reformasi dan keterbukaan"

Meskipun kurang mendapat pengakuan internasional, Moranbong Band telah menjadi bagian penting dari kehidupan Korea Utara, sering tampil untuk menandai acara-acara dan hari libur nasional yang penting dari tahun 2012 hingga 2016. ***