Helo Timor Leste

Celine Dion Tak Lagi Punya Kendali Atas Otot-ototnya

Satwika Rumeksa - Hiburan
Selasa, 19 Dec 2023 20:01
    Bagikan  
Celine Dion
Istimewa

Celine Dion - Penyanyi Celine Dion

HELOINDONESIA.COM - Kakak perempuan Celine Dion, Claudette, telah memberikan kabar terbaru mengenai pengalaman melemahkan sang penyanyi dengan gangguan neurologis yang dikenal sebagai sindrom orang kaku (SPS).

"Dia bekerja keras, tapi dia tidak memiliki kendali atas otot-ototnya," kata Claudette Dion kepada stasiun televisi Kanada, 7 Jours, seperti dilansir Daily Mail.

"Yang membuat saya sedih adalah dia selalu disiplin. Dia selalu bekerja keras. Ibu kami selalu mengatakan kepadanya, 'Kamu akan melakukannya dengan baik, kamu akan melakukannya dengan benar."

Desember lalu, pelantun "My Heart Will Go On" berusia 55 tahun ini menyampaikan bahwa ia telah didiagnosis dengan kondisi neurologis yang tidak dapat disembuhkan, dan membatalkan jadwal turnya yang akan datang.

Kemudian pada bulan Mei, Dion terpaksa membatalkan tanggal-tanggal yang tersisa dari tur dunianya. Musisi asal Kanada ini mengatakan bahwa ia "bekerja sangat keras untuk membangun kembali kekuatan saya".

Baca juga: Inilah Daftar Babak 12 Besar Liga 2 Indonesia, Persaingan Ketat Bekas Klub Liga 1 Indonesia

Ia menambahkan: "Saya sangat menyesal telah mengecewakan Anda semua sekali lagi. Tidaklah adil bagi Anda untuk terus menunda pertunjukan, dan meskipun ini membuat saya sedih, yang terbaik adalah kita membatalkan semuanya sekarang sampai saya benar-benar siap untuk kembali ke panggung lagi."

Namun, dalam wawancara baru ini, saudara perempuan Dion mengecilkan kemungkinan dia kembali ke tur skala penuh. "Memang benar bahwa dalam mimpi kami dan dia, tujuannya adalah untuk kembali ke panggung," katanya. "Dalam kapasitas apa? Saya tidak tahu."

Claudette Dion menambahkan bahwa kelangkaan kondisi ini berarti hanya ada sedikit penelitian tentang penyembuhannya: "Pita suara adalah otot, dan jantung juga otot. Inilah yang terjadi pada saya. Karena ini adalah satu dari sejuta kasus, para ilmuwan belum melakukan banyak penelitian karena tidak mempengaruhi banyak orang."

Dia menambahkan bahwa, bagaimanapun, Celine dan keluarganya tetap memiliki harapan: "Beberapa orang telah kehilangan harapan karena ini adalah penyakit yang tidak banyak diketahui.

Baca juga: Apakah Pemain Pujaamu Masuk Daftar 29 Pemain yang di Bawa STY ke Turki?

Seandainya saja Anda tahu jumlah panggilan telepon yang diterima Yayasan tentang Celine! Orang-orang mengatakan kepada kami bahwa mereka mencintainya dan mereka berdoa untuknya. Dia mendapat begitu banyak pesan, hadiah dan salib yang diberkati."

SPS adalah kelainan autoimun dan neurologis yang menyebabkan kekakuan pada tubuh dan anggota gerak. Gejalanya juga termasuk kejang otot, yang mempengaruhi kemampuan Dion untuk bernyanyi dan tampil, dan dapat dipicu oleh rangsangan lingkungan (seperti suara keras) atau stres emosional.**