Helo Timor Leste

Siswa Bakar Gedung Sekolah SMP 2 Temanggung, Prarekonstruksi Temukan Botol Minuman

Rabu, 28 Jun 2023 12:20
    Bagikan  
Siswa Bakar Gedung SMPN 2 Temanggung
@kumparan

Siswa Bakar Gedung SMPN 2 Temanggung - Polisi langsung melakukan prarekonstruksi kasus pembakaran gedung belajar SMPN 2 Temanggungf, Jawa Tengah yang dilakukan oleh seorang sisxwa berinisial R, 13, Selasa 27 Juni 20223/

HELOTIMORLESTE.COM - Aksi nekat dilakukan R, 13, salah satu pelajar kelas 7   SMP Negeri 2 Pringsurat, Temanggung Jawa Tengah, nekat membakar gedung sekolah tempat dia belajar, sekitar pukul 02.00 dinihari Selasa, 27 Juni 2023.

Saat dikomfirmasi, kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi mengatakan telah mengamankan anak di bawah umur itu, pasca pembakaran yang dilakukannnya.

Dia menegaskan b ahwa pihaknya sejauh ini masih mendalami kasus ini dan telah meminta keterangan pelaku. Agus mengatakan masih mendalami motif pembakaran.⁠

Baca juga: Inilah Daftar Tempat Wisata di Timor Leste, Jangan Anda Lewatkan Saat Melancong ke Bumi Lorosae



Pihak polisi tengah melakukan prarekonstruksi, meski dari CCTV dengan fakta kejadian, serta keterangan sudah runut. Termasuk ditemukannya botol minuman kesehatan yang diduga diisi campuran bensin dengan cairan lain.⁠

"Selain menangkap terduga pelaku, kami langsung melakukan pencocokan keterangan atau prarekonstruksi bersama terduga pelaku," kata  Agus Puryadi di Temanggung, dilansir dari Antara, Selasa, 27 Juni.

Baca juga: Penting, Jangan Dilakukan 6 Hal Ini Saat Idol K-Pop Live

Dalam pra rekonstruksi itu terduga melakukan beberapa adxean.  Dimulai masuk lingkungan sekolah hingga membakar sejumlah titik gedung sekolah.

Tindakan melakukan prarekonstruksi ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang terjadinya suatu tindak pidana dengan jalan memperagakan kembali. Selain itu, dapat digunakan untuk menguji kesesuaian keterangan para saksi atau tersangka.

"Kami mendapatkan laporan kebakaran sekolah di ruang prakarya pada sekitar pukul 03.30 WIB oleh penjaga sekolah. Setelah kami melakukan penyelidikan mengacu kepada data-data CCTV dan data dari sekolah, maka kata lakukan penangkapan seorang pelaku yang masih anak-anak dan dia adalah siswa dari SMP ini" katanya seperti diwartakan situs voi.id, Selasa 27 Juni 2023.

Baca juga: Temukan Bentuk Bunga Kantong Semar Teraneh di Dunia, Mirramayya: Mengapa ya Bentuknya Begini!

Dalam prarekonstruksi tersebut tersangka memperagakan saat memasuki area sekolah hingga membakar empat titik gedung sekolah, yakni:

  • gedung belakang 
  • banner
  • ruang green house
  • serta ruang penyimpanan prakarya dan api melebar ke ruang samping, yakni kelas 9B dan 9C.


"Dari kejadian itu sudah runut dengan fakta CCTV maupun keterangan dari tersangka dan bukti-bukti yang ditinggalkan berupa pecahan botol sebuah minuman," katanya.

Baca juga: Peralatan Dapur Terbuat Dari Bahan Kayu atau Bambu Lebih Aman Sehat dan Ramah Lingkungan

Ia menyampaikan R melakukan pembakaran di gedung sekolah ini menggunakan botol kesehatan yang sudah dimodifikasi dengan bahan yang mudah terbakar.

"Dia menggunakan sejenis cairan bahan bakar dan dicampur dengan beberapa gas tertentu, kemudian dimasukkan ke dalam botol dan diberi sumbu kain. Setelah itu disulut menggunakan api," katanya.

Baca juga: Ken Setiawan Melaporkan Panji Gumilang ke Bareskrim, setelah PWS Al Zaytun Melaporkan Dirinya ke Mabes Polrii

Hingga saat ini polisi masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait motif tersangka yang nekat membakar gedung sekolahnya.

Kepala SMP Negeri 2 Pringsurat Bejo Pranoto menyampaikan kejadian sekitar pukul 02.00 WIB dan api bisa dipadamkan sekitar pukul 03.00 WIB. ***