Helo Timor Leste

ASEAN-PAC Mendesak untuk Menerima Timor Leste Sebagai Anggota

Satwika Rumeksa - Internasional
Jumat, 18 Aug 2023 10:05
    Bagikan  
ACU
ACU

ACU - Om Yentieng, Ketua Unit Antikorupsi, berpidato pada pertemuan Para Pihak ASEAN Menentang Korupsi di Siem Reap pada hari Rabu. Pertemuan dua hari yang berakhir kemarin.

HELOTIMORLESTE.COM - Kamboja mendesak Pihak ASEAN Melawan Korupsi (ASEAN-PAC) untuk memasukkan Timor-Leste sebagai anggota ke-11 badan antikorupsi untuk memperkuat perjuangan negara-negara ASEAN melawan korupsi di wilayah tersebut.

Berbicara pada pertemuan dua hari ASEAN-PAC ke-19 yang dimulai di provinsi Siem Reap pada hari Rabu, Om Yentieng, Ketua ASEAN-PAC dan Anti-Corruption Unit (ACU), menekankan perlunya kerja sama dan bantuan timbal balik antara negara-negara sahabat untuk melawan korupsi di daerah.

Ini adalah ASEAN-PAC kedua yang diselenggarakan oleh Kamboja sebagai ketua bergilir Lembaga Anti Korupsi ASEAN 2022-2023.

Dalam pidatonya, sambil mendesak negara-negara anggota ASEAN-PAC untuk memasukkan Timor Leste, ia mengatakan bahwa “semangat berbagi dan kerja sama sangat penting untuk mengatasi korupsi dan mendorong kerja sama antar negara” di blok ASEAN.

Dia juga meminta ASEAN-PAC untuk membahas prosedur untuk memasukkan Timor Leste ke dalam ASEAN dan Komisi Anti Korupsinya sebagai anggota ke-11 blok tersebut.

Timor Leste belum menjadi anggota ASEAN meskipun negara-negara anggota lainnya telah secara resmi setuju untuk mempercepat proses menjadi anggota ke-11 blok regional tersebut.

ASEAN sekarang terdiri dari 10 negara, yaitu Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Brunei, dan Myanmar.

Yentieng menambahkan, “Memang, kawasan ASEAN kita sedang mengalami masa-masa sulit dan sedang berjuang untuk membangun kembali setelah krisis COVID-19.

Kamboja membutuhkan kerja sama dan bantuan dari negara-negara persaudaraan untuk menyelesaikan masalah yang mempengaruhi seluruh kawasan.”

Dia menunjukkan bahwa keluarga ASEAN-PAC telah melakukan ini selama bertahun-tahun sesuai dengan pedoman MoU ASEAN-PAC dan akan terus memperkuat upaya blok regional. Ia juga menyampaikan bahwa ASEAN-PAC sedang mengkaji draft ASEAN-PAC E-Booklet.

Ditambahkannya, Kamboja juga akan bersiap melepaskan perannya sebagai tuan rumah dan ketua ASEAN-PAC setelah menyerahkan laporan singkat kegiatannya kepada Sekretariat ASEAN-PAC di Jakarta, Indonesia.

Ia mengatakan bahwa selain agenda-agenda tersebut di atas, para anggota ASEAN-PAC akan melanjutkan partisipasi aktif mereka dalam program-program ASEAN dan acara peningkatan kapasitas di bawah kesepakatan ASEAN-PAC.