Helo Timor Leste

Agenda Penting PM Xanana Hari ini di Jakarta Bertemu Presiden Jokowi dan Jelaskan Posisi Timor Leste dalam Kasus Myanmar

Dodo Hawe - Internasional
Senin, 4 Sep 2023 15:20
    Bagikan  
BERJOGET
sekretariat presiden/ tangkapan layar

BERJOGET - PM Timor Leste, Xanana Gusmao menirukan penyambutan penari jaipong saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, Indonesia, Senin (4/9/20203).

HELOTIMORLESTE.COM - Perdana Menteri (PM) Timor leste, Kay Rala Xanana Gusmao telah tiba di Jakarta, Indonesia, Senin (4/9/2023) di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banteng pukul 11.04 WIB.

PM Xanana turun dari pesawat langsung menuju Ruang Naratetama, Bandara Udara Internasional Soekarno Hatta di dampingi Pj Gubernur Banten, Al Muktabar.

Sebelum memasuk ruang Naratetama, Xanana sempat berhenti untuk menyaksikan penyemabutan tarian Jaipong yang dibawakan sejumlah penari jaipong.

Baca juga: PM Xanana, Pengusiran Diplomat Timor Leste dari Myanmar Tak Berdampak Keanggotaan ASEAN Negaranya

Xanana terlihat menikmati suasana penyambutan tarian japoing dan sempat menggoyangkan bandannya saat para penari beraksi di depannya itu.

Dalam agenda hari ini PM Xanana Gusmao bakal bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka pada sore nanti.

Sementara agenda Presiden Jokowi pada sore nanti selain menerima PM Xanana Gusmao, Jokowi juga akan menerima PM Kepulauan Cook Mark Brown yang tiba di Indonesia sejak Minggu, 3 September 2023.

Baca juga: Pemerintahan Timor Leste Pimpinan Xanana Gusmao, Mengutuk Keras Pengusiran Diplomatnya di Myanmar

Seperti kita ketahui kehadiran para kepala pemerintahan ini sedianya bakal menghadiri KTT ke-43 ASEAN yang akan mulai digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Selasa (5/9/2023).

KTT ASEAN merupakan perhelatan negara-negara ASEAN yang saat ini bertambah satu negara menjadi 11 negara, setelah masuknya negara Timor Leste menjadi anggota ke-11 ASEAN.

Ada dua negara lain yang diundang dalam KTT ASEAN ini adalah negara Bangladesh sebagai Ketua India Ocean Rim Association (IORA) dan Kepulauan Cook selaku Ketua Pasific Island Forum (PIF).

Baca juga: Xanana: Tanpa Resolusi Konflik Myanmar, Timor Leste tak akan Masuk ke Blok ASEAN

Sementara Presiden Jokowi digendakan akan memimpin 12 pertemuan pada LTT ASEAN ini.

Rangkaian pertemuan itu yaitu KTT ke-43 ASEAN dalam format plenary dan retreat, KTT ke-26 ASEAN-Tiongkok, KTT ke-24 ASEAN-Korea Selatan, KTT ke-26-Jepang dan KTT ke-11 ASEAN Amerika Serikat.

Selama di Jakarta Xanana juga akan berpartisipasi dalam pertemuan ASEAN Business & Investment SUmmary 2023 yang dihadiri pemimpin ASEAN serta sektor swasta.

Baca juga: Tegas, Xanana Gusmao Sebut Timor Leste Tidak Bergabung dengan ASEAN

Dalam kunjungannya ke Indonesia PM Xanana di dampingi delegasi Wakil PM, Francisco Kalbuadi Lay, Menteri Luar Negeri dan Kerjasama (MNEK), Bendito dos Santos, Menteri Dalam Negeri, Francisco da Costa Guterres dan Duta Besar Jose Antonio Amorin Dias.

Sesuai Agenda Selasa (5/9/2023) akan berlangsung konferensi ASEAN Sammit ikut mendengarkan pengalaman negara lain.

Selanjutnya bertemu dengan Sekjen PBB serta kepala negara dan kepala pemerintahan negara lain.

Baca juga: Aksi Kejahatan Perampasan di Kota Dili, Menjadi Perhatian PM Xanana Gusmao: Penjarakan Mereka

Kepesertaan Timor Leste dalam KTT ASEAN sebagai pengamat observasi atau pengamat untuk mendengar dan mempelajari pengalaman para pemimpin ASEAN dalam menantikan agenda Timor Leste di tahun 2024.

Dalam agenda selama di Jakarta PM Xanana juga akan menggelar jumpa pers bersama para jurnalis negara-negara ASEAN terkait posisi Timor Leste pada kasus pengusiran diplomat Timor Leste oleh Junta Militer Myanmar. **