Helo Timor Leste

Keputusan PSSI Terkait Pengibaran Bendera Palestina Saat Pertandingan

Ugu - Olahraga
Selasa, 7 Nov 2023 17:34
    Bagikan  
Bendera Palestina
Istimewa

Bendera Palestina - PSSI mempetbolehkan mengibarkan bendera Palestina

HELOTIMORLESTE.COM -

Masyarakat sepakbola Indonesia sangat mendukung terhadap Palestina, namun akhir-akhir ini terjadi polemik. Sebab beredar video pelarangan bendera Palestina oleh beberapa panitia pelaksana pertandingan di Liga 1 2023/24.

Selain itu ada juga Persiraja Banda Aceh dari Liga 2 yang kena sanksi Komite Disiplin (Komdis) PSSI akibat aksi pengibaran bendera Palestina , namun sudah dikonfirmasi bahwa sanksi tersebut bukan karena pengibaran bendera malainkan menerobos lapangan.

Baca juga: Aktivis Palestina Terkemuka Tanpa Jilbab Ini Ditangkap, Saat Umur 16 Berani Tampar Tentara Israel

Namun kejadian - kejadian tersebut memunculkan adanya dugaan pelarangan dukungan ke Palestina oleh PSSI. Oleh karena itu PSSI melalui Erick Thohir kemudiaan berkoordinasi dengan FIFA soal pengibaran bendera Palestina dalam turnamen di bawah naungan mereka, termasuk di Piala Dunia U-17.

Akhirnya FIFA memberikan izin, selama tak memuat pesan politis atau menjatuhkan pihak tertentu semisal mengutuk Israel.

Baca juga: Para Pemimpin Hamas Ternyata Menjalani Hidup Mewah Tinggal di Luar Negeri

Erick menilai, FIFA tidak mempermasalahkan pengibaran bendera Palestina tersebut. Sebab, hal itu menjadi sebuah bentuk dukungan pada kemanusiaan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM).

"FIFA menghargai kebebasan berekspresi, apalagi pada perlindungan HAM dan kemanusiaan. Ini terutama dalam konteks pengibaran bendera Palestina. Jadi PSSI dalam hal ini menegaskan tidak ada pelarangan apalagi sanksi," kata Erick dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/11/2023).

Senada, Ketua Komite Hukum PSSI Ahmad Riyadh juga menegaskan bahwa bendera Palestina boleh berkibar selama pertandingan.

Riyadh mempersilakan seluruh pendukung untuk menyerukan solidaritas terhadap Palestina dari bangku dan tribun stadion, hal ini sama seperti apa yang terjadi di sejumlah liga lain di penjuru dunia, di mana para penggemar bola membentangkan bendera dan spanduk dukungan kepada Palestina.***