Helo Timor Leste

KA Jayakarta Hantam Forklift yang Nyangkut di Rel Perlintasan Cikarang, Lokomotif Rusak dan Diganti

Sabtu, 30 Sep 2023 09:49
    Bagikan  
KEPALA LOKOMOTIF MENDONGAK
tangkap layara video @lensa_peristiwa_jakarta/ ins

KEPALA LOKOMOTIF MENDONGAK - Akibat menabrak sebuah forklift di perlintasan Cibitung, Ciakarang Timur, Bekas, KA Jayakarta jurusan Jakarta Surabaya anjlok. Lokomotif harus diganti, agar bisa melanjutkan perjalanan ke Surabaya.

HELOTIMORLESTE.COM -  KA Jayakarta 218, relasi Stasiun Pasar Senen-Surabaya Gubeng mengalami anjlok dan harus ganti lokomotif, akibat menabarak sebuah forlift yang nyangkut di rel kereta api perlintasan Cikarang, Bekasi.

Peristiwa ini terjadi di perlintasan wilayah kampung Baru Rengasbandung, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jumat malam.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, karena operator forklift sempat menyelamatkan diri sebelum tabrakan.

“KA Jayakarta relasi Stasiun Pasar Senen-Surabaya Gubeng tertemper forklift di jalur perlintasan KM 53 antara Stasiun Lemahbang dan Stasiun Kedungkedeh, Jumat pukul 18.08,” kata Pelaksana Harian Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Feni Novida Saragih, saat memberikan rilis atas kejadian itu, Jumat, 29 September 2023.

Baca juga: Untuk Mewadahi Cita-cita Petinju Timor Leste, Pac-Man Bakal Membuka MP Promotions di Kota Dili

Sebelumnya juga viral video yang beredar, ban forklift tampak tersangkut di rel dan tak bisa dijalankan. Operator dan warga setempat terlihat berupaya mendorong forklift, tetapi tak berhasil.

Saat kereta mendekat, warga dan operator tampak berlari menyelamatkan diri. Forklift pun tertabrak kereta api tersebut dengan dentuman keras.

Baca juga: Barcelona Diselidiki Atas Dugaan Penyuapan Wasit

Feni menjelaskan, kecelakaan itu menyebabkan lokomotif KA 218 Jayakarta anjlok. Untuk kereta api lain yang bakal melintasi jalur tersebut untuk sementara harus melalui jalur sebelahnya.

“Untuk rangkaian KA Jayakarta yang tidak mengalami anjlok ditarik ke Stasiun Lemahabang dengan lokomotif penolong dan diberangkatkan kembali dari stasiun tersebut menggunakan lokomotif pengganti,” ujar Feni.

Baca juga: Beginilah Wajah Yesus Menurut Penggambaran AI Berdasar Kain Kafan dari Turin

KA Jayakarta telah diberangkatkan kembali dari Stasiun Lemahbang pada pukul 20.35, dengan keterlambatan 156 menit.

Atas keterlambatan yang terjadi karena kecelakaan kereta anjlok itu, KAI memberikan Service Recovery kepada penumpang KA tersebut. 

Baca juga: Tiga Perampok Beraksi di Minimarket Bekasi, Lumpuhkan Penjaga dan Bongkar Brankas Rp 157 Juta

“Bagi para penumpang yang tidak ingin melanjutkan perjalanannya, akibat keterlambatan tersebut, maka penumpang tersebut dapat membatalkan tiket keberangkatannya dan akan dikembalikan 100 persen sesuai harga tiket, tidak termasuk biaya pemesanan,” ujar Feni. ***