Helo Timor Leste

Bendito dos Santos Freitas Jalin Kerjasama dengan Malaysia, Berikut ini Total Ekspor Impor Timor Leste

Kamis, 27 Jun 2024 16:38
    Bagikan  
Petronas
Freepik

Petronas - Menara Kembar Petronas

Helotimorleste- Menteri Luar Negeri Dato’ Seri Utama Haji Mohamad bin Haji Hasan menjadi tuan rumah Kunjungan Resmi Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Republik Demokratik Timor-Leste, Bendito dos Santos Freitas, ke Malaysia pada tanggal 24 hingga 26 Juni 2024.

Pada pertemuan tanggal 25 Juni 2024, kedua menteri luar negeri menyatakan komitmen untuk memperkuat hubungan bilateral yang sudah ada dan sepakat menjajaki bidang kerja sama baru, terutama di bidang perdagangan, investasi, pendidikan tinggi, dan konektivitas.

Baca juga: Klasemen Timor Leste Setelah Kalah dari Thailand di Piala AFF U16 2024 di Sriwedari Kota Solo

Mereka juga membahas kesepakatan Pemerintah Republik Demokratik Timor-Leste untuk memberikan sebidang tanah kepada Pemerintah Malaysia sebagai bentuk apresiasi atas bantuan dan kontribusi berkelanjutan Malaysia kepada Timor-Leste. Tanah ini akan memungkinkan Malaysia membangun gedung Kanselir baru dan kediaman resminya di Dili.

Sebelumnya, Menteri Bendito Freitas mengunjungi Menara Kembar PETRONAS untuk mendapatkan pengarahan mengenai kegiatan eksplorasi migas PETRONAS. Ia juga melakukan kunjungan kehormatan kepada Menteri Perhubungan Loke Siew Fook dan menandatangani Air Services Agreement (ASA) antara Malaysia dan Timor-Leste. Perjanjian ini akan meningkatkan kerja sama di bidang layanan udara dan konektivitas antar masyarakat.

Baca juga: Indonesia Kalah Perang Melawan Timor Leste, Hadirnya Milisi Kontraproduktif

Hubungan hangat dan bersahabat antara kedua negara yang terjalin sejak kemerdekaan Timor-Leste pada 20 Mei 2002 semakin diperkuat melalui kunjungan ini. Pada tahun 2023, total perdagangan bilateral antara Malaysia dan Timor-Leste mencapai USD 43,7 juta (RM 196,7 juta). Total ekspor Malaysia ke Timor-Leste pada tahun 2023 tercatat sebesar USD 43,3 juta (RM 195,0 juta), sementara total impor dari Timor-Leste sebesar USD 0,4 juta (RM 1,7 juta).