Helo Timor Leste

Pasca Kasus Adik Via Vallen, Gadai Perorangan Marak, AA Afandi: Perlu Pemahaman Aspek Hukum

Ugu - Hiburan
2024-05-23 15:56:28
    Bagikan  
Pasca Kasus Adik Via Vallen, Gadai Perorangan Marak, AA Afandi: Perlu Pemahaman Aspek Hukum

Helotimorleste- Di tengah gempuran berita viral yang seringkali mempengaruhi perilaku masyarakat, kasus gadai perorangan mendadak menjadi sorotan. Salah satu pemicunya adalah berita yang menyebar luas mengenai adik dari penyanyi dangdut terkenal, Via Vallen.

Kasus tersebut berakhir dengan mediasi damai, adik Via Vallen, berinisial RF bersedia mengganti sepeda motor yang digadaikan dengan uang senilai Rp 18,5 juta.

Baca juga: Hutang Baru Dicicil Dua Kali Terus Berhenti, Pidana atau Perdata, AA Afandi Menjawab

Gadai perorangan adalah transaksi yang dilakukan antarindividu tanpa melibatkan lembaga resmi seperti bank atau pegadaian. Transaksi ini biasanya dilakukan atas dasar kepercayaan bahkan tanpa adanya perjanjian tertulis yang mengikat

Terkait masalah tersebut Lawyer AA Afandi S.H. M.Hum mengigatkan pentingnya pentingnya pemahanan aspek hukum. "Kasus yang melibatkan RF menunjukkan bahwa gadai perorangan bisa menimbulkan masalah hukum, oleh karena itu masyarakat harus paham aspek hukumnya." ujar AA Afandi saat di jumpai di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabo 22 Mei 2024.

Baca juga: Banyaknya Sengketa Tanah karena Kinerja BPN Rendah, Butuh 160 Tahun, Gilaaa Bener

Lebih lanjut AA Afandi yang juga Direktur Qishy Law Office, mengatakan fenomena ini menunjukkan bahwa masyarakat harus lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi gadai perorangan. Penting untuk membuat perjanjian tertulis yang jelas dan mengikat kedua belah pihak. Selain itu, perlu adanya pemahaman yang lebih baik tentang risiko dan tanggung jawab hukum yang mungkin timbul dari transaksi semacam ini.

Sebagai respons terhadap fenomena ini, pemerintah dan lembaga terkait perlu meningkatkan sosialisasi tentang transaksi gadai yang aman dan legal.

"Edukasi ini penting untuk mencegah masyarakat dari kerugian yang tidak perlu sekaligus menghindari penyalahgunaan gadai sebagai alat untuk tindakan ilegal seperti penggelapan." imbuh AA Afandi yang sering menangani masalah pertanahan ini.

"Kasus adik Via Vallen memberikan pelajaran berharga dan kehati-hatian dalam transaksi gadai perorangan. Masyarakat diharapkan dapat mengambil hikmah dari kejadian ini." pungkas AA Afandi.***

Tags