Helo Timor Leste

Nama Pragan Mencuat di Arus Bawah Projo untuk Pilpres 2024

Satwika Rumeksa - Nasional -> Politik
Kamis, 5 Oct 2023 04:45
    Bagikan  
Capres-Cawapres
Istimewa

Capres-Cawapres - Nama Prabowo dan Ganjar mencuat

HELOTIMORLESTE.COM - DPD Projo Jatim akan gelar Konferda pada tgl 7 Oktober 2023 di Hall Best Western Pappilio Hotel, Surabaya yang akan dihadiri pengurus DPC Projo se-Jawa Timur.

Agenda Konferda tersebut adalah untuk menentukan sikap politik Projo Jawa Timur terhadap Capres-Cawapres dalam Pemilu 2024.

Adapun hasil tangkapan aspirasi di arus bawah menghendaki pasangan calon Capres-Cawapres dengan inisial huruf depan “P” sebagai Capres sedangkan Cawapres inisial huruf depan “G.” Hal itu disampaikan Ketua Panitia Konferda Projo Jawa Timur Sulistiyanto Hadiatmoko, Rabu (04/10).

Perlu diketahui, Capres dengan inisial huruf depan “P” yang populer selama ini Prabowo Subianto yang diusung Koalisi Indonesia Maju. Saat ini, Prabowo didukung tiga partai politik dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), yakni Partai Gerindra yang memiliki 78 kursi di parlemen, 85 kursi milik Partai Golkar, 44 kursi PAN dan 54 kursi Demokrat.

Baca juga: Persediaan Beras Timor Leste di Jamin Aman, Setelah India Setujui Permintaan Khusus Timor Leste untuk Impor Beras

Sedangkan untuk Cawapres berinisial huruf depan “G” yang selama ini justru muncul di bursa Capres, adalah Ganjar Pranowo sebagai Capres yang diusung PDIP dengan 128 kursi parlemen dan PPP 19 kursi parlemen.

Keduanya jika disingkat menjadi Pragan

Sulistiyanto Hadiatmoko menambahkan, di sisi lain dalam giat Konferda Projo Jatim bertujuan untuk mempersiapkan diri untuk turut serta mensukseskan kegiatan Rakernas Projo di Indonesia Arena-GBK Jakarta pada tgl 14-15 Oktober 2023.

“DPD Projo Jawa Timur sebagai salah satu peserta Rakernas Projo tentunya akan menyampaikan aspirasinya seiiring dengan keinginan masyarakat yang kami terima,” ujar Sulistiyanto Hadiatmoko.

Ia juga menambahkan dukungan Capres-Cawapres Projo Jawa Timur, tetap satu gerakan dengan DPP atas arahan Jokowi selaku Pembina Projo dalam kontestasi perebutan kekuasaan politik di Republik indonesia.

Baca juga: 55 Awak Kapal Selam China Tewas Akibat Kapal Menabrak Jebakan yang Dipasang Tiongkok Sendiri

Dalam Kalkulasi politik berdasarkan bangunan koalisi partai pengusung Capres-Cawapres, peta kekuatan koalisi sebagai berikut:

PRABOWO SUBIANTO

Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat : 45,39%

Gerindra: 78 kursi
Golkar 85 kursi
PAN: 44 kursi
Demokrat: 54 kursi
Total: 261 kursi

ANIES BAWESDAN

Nasdem, PKS, PKB : 29,05%

Nasdem: 59 kursi
PKB: 58 kursi
PKS: 50 kursi
Total: 167 kursi

GANJAR PRANOWO

PDIP dan PPP: 25,56 %
PDIP: 128 kursi
PPP: 19 kursi
Total: 147 kursi

Oleh karena itu menurut Projo Jawa Timur, bila ada pengabungan kekuatan partai koalisi sebagai pengusung Capres-Cawapres Maka diharapkan untuk mencapai kemenangan cukup satu putaran saja.

Baca juga: Grimes Tuntut Elon Musk untuk Mendapatkan Hak Asuh atas Tiga Anak Mereka

“Agar supaya nanti hanya satu putaran. Hal itu demi efisiensi dan meminimalisir pemborosan anggaran negara di bidang politik,” ujar Sulistiyanto Hadiatmoko .

Rakernas Projo yang akan diadakan pada tanggal l 14-15 Oktober 2023 di GBK Jakarta, sebagaimana pernyataan Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi terhadap arah dukungan Capres mengarah dengan inisial huruf depan “P”, bisa dipastikan arah dukungan politik Projo tertuju kepada Prabowo Subianto. Sedangkan Cawapres dengan inisial huruf depan “G” ada kemungkinan itu Ganjar Pranowo.

Namun timbul pertanyaan apakah Ganjar Pranowo bersedia ? “Dilihat saja nanti realitasnya bagaimana,” ujarnya.***