Helo Timor Leste

Begini Alasan Jose Ramos Horta Bersedia Menjadi Pelindung Partai KHUNTO

Dodo Hawe - Nasional -> Politik
Sabtu, 20 Apr 2024 15:20
    Bagikan  
PELINDUNG
Dino Paty Djalal/ facebook

PELINDUNG - Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta menyatakan didaulat oleh Partai KHUNTO menjadi pelindung partai pada Kongres ke-4 di Dili, Timor Leste, Sabtu (20/4/2024).

HELOTIMORLESTE.COM - Presiden Timor Leste, José Ramos Horta mengungkapkan alasan keterbukaannya untuk menjadi godfather atau pelindung partai Kmanek Haburas Unidade Nasionál Timoroan (KHUNTO), Sabtu (20/4/2024).

Seperti kita ketahui melalui proses panjang dan pesan yang disampaikan Penasihat Tertinggi Partai KHUNTO, José dos Santos Naimori Bucar dan Armanda Berta dos Santos untuk meminta Ramos Horta menjadi pelindung partai.

Pemenang Nobel Perdamaian tahun 1996 ini menerima permintaan itu menjadi penasihat kehormatan atau 'ayah baptis' Partai KHUNTO.

Baca juga: Partai KHUNTO Lakukan Sumpah Darah Agar Anggotanya Tidak Korupsi, Pemimpinnya Mengaku Ketemu Malaikat Jibril

Kebersediaan Ramos Horta disampaikan dalam kongres nasional ke-4 Partai KHUNTO di Salaun Delta Nova, Dili, Sabtu (20/04/2024).

"Ramos Horta membenarkan menerima undangan tersebut dan menyampaikan dukungannya kepada seluruh partai," tulis media hatutan.com Timor Leste, Sabtu (20/4/2024).

"Kongres ini sukses besar, pintu saya selalu terbuka untuk menerima kalian semua. Saya mendapat undangan untuk menjadi godfather atau patron partai partai KHUNTO," kata Horta dalam pernyataannya.

Baca juga: Anggota Fretilin Timor Leste Ungkap Jembatan Nunura Maliana Terancam Runtuh, Politisi CNRT Bilang Seperti ini

Menurut Horta ia menerimanya karena dia senantiasa melayani semua partai secara setara, bahkan sebagai presiden dirinya bisa menjadi patron untuk membicarakan persoalan demokrasi dan permasalahan apa pun yang mungkin dihadapi partai politik.

"Saya juga bisa berkontribusi dalam membahas persatuan dan pembangunan di negara kecil ini, tanpa harus marah-marah dan mencari rekonsiliasi bersama," ujar Ramos Horta dalam sambutannya.

Ramos Horta pun kemudian mengucapkan selamat kepada Anggota Dewan Tertinggi Partai KHUNTO, José dos Santos Naimori Bucar, dan presiden partai, Armanda Berta dos Santos, karena terus memimpin Partai KHUNTO sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi yang dianut Timor Leste sejak tahun 2017 Timor-Leste.

Baca juga: Mendapat Protes Keras dari Aktivis dan Partai Fretilin Partai CNRT Mengungkap Masalah Perbatasan Naktuka Seperti ini

Ramos Horta menekankan bahwa Partai Persatuan Nasional Timor Kmanek Haburas KHUNTO perlu menjadi partai politik yang dinamis untuk berkontribusi pada masalah kebebasan berpendapat, demokrasi dan persatuan nasional di Timor-Leste.

Presiden Republik juga menggaris bawahi pentingnya para delegasi dan anggota kongres, bersama dengan banyak generasi muda dan akademisi dari partai KHUNTO, yang dapat berkontribusi banyak dalam proses demokrasi jika partai tersebut dijalankan dengan baik.

Motivasi ini memperkuat partai dan berkontribusi pada pembagian tanah secara berkelanjutan, dimana demokrasi bukanlah sebuah kemewahan melainkan hal yang wajar.

Baca juga: Inilah Daftar Lengkap Susunan Kabinet Pemerintahan Baru Pimpinan PM Xanana Gusmao 2023-2028

"Kita harus hidup dalam kebebasan dan rakyat harus berpartisipasi dengan baik dalam pengambilan keputusannya sendiri," kata Horta.

Harus ada persatuan, tidak ada rasa saling menguntungkan, apalagi perpecahan dalam politik dan kelas sosial, dan harus berkontribusi pada tanah ini bukan hanya untuk orang kaya, tetapi juga untuk nilai yang jelas dari filosofi.

"Saya sebagai Presiden Republik, menyatakan kepada Partai KHUNTO untuk terus mendukung pemerintah melalui proses demokrasi yang dapat berkontribusi terhadap stabilitas dan persatuan nasional," katanya.

Ramos-Horta selalu menyatakan kesiapannya untuk memberikan nasihat kepada seluruh pimpinan partai KHUNTO khususnya dalam dukungan politik dan moral dalam menjamin persatuan dan stabilitas nasional di Timor Leste. **