Helo Timor Leste

Baik Mana Minum Jus atau Makan Buah Segar?, Simak Penjelasan Ahli Nutrisi

Satwika Rumeksa - Ragam
Selasa, 5 Dec 2023 11:47
    Bagikan  
Jus
Pixabay.com

Jus - Minum jus menyehatkan

HELOTIMORLESTE.COM - Makan buah segar atau minum jus? Ternyata membuat jus tidak lebih sehat daripada mengonsumsi buah dan sayuran utuh.

Membuat jus sering kali melibatkan penggunaan mesin untuk mengambil jus dari buah atau sayuran segar.

Cairan tersebut mengandung sebagian besar vitamin, mineral, dan bahan kimia tumbuhan yang ditemukan dalam buah.

Namun buah-buahan dan sayuran utuh juga memiliki serat sehat, yang hilang saat membuat jus.

Baca juga: Jika Tak Bisa Berenang Jangan Memaksa Mandi di DAM, Seorang Remaja Jombang Tewas Tenggelam

Beberapa orang berpikir bahwa tubuh dapat menyerap nutrisi lebih baik dari jus dibandingkan buah dan sayuran utuh. Namun biasanya tidak demikian, demikian menurut ahli nutrisi
Katherine Zeratsky, R.D., L.D dari Mayo Clinic.

Orang lain mencoba diet jangka pendek yang hanya terdiri dari jus yang terbuat dari buah-buahan dan sayuran segar. Ini disebut pembersihan jus atau puasa.

Beberapa dari diet ini mungkin mengklaim dapat membantu menghilangkan racun, membantu pencernaan, atau menyebabkan penurunan berat badan.

Namun tidak ada bukti ilmiah kuat yang mendukung penggunaannya untuk alasan-alasan ini.

Pembersihan jus tidak memberi Anda nutrisi yang cukup. Hal ini juga terkait dengan risiko kesehatan lainnya. Dan berat badan apa pun yang hilang selama pembersihan jus dapat diperoleh kembali setelah Anda mulai mengonsumsi makanan biasa lagi.

Baca juga: Bintang Baywatch Donna DErrico:Pria dan Wanita di OnlyFans Tidak Melakukan Pornografi

Membuat jus dapat berperan dalam diet seimbang. Misalnya, ini bisa membantu Anda mendapatkan buah-buahan dan sayur-sayuran jika Anda tidak suka memakannya.

Membuat jus juga dapat memberi istirahat pada sistem pencernaan dari mencerna serat.

Hal ini mungkin membantu beberapa orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu atau yang menerima perawatan medis tertentu.

Jangan mengurangi serat kecuali direkomendasikan oleh ahli kesehatan. Serat adalah kunci kesehatan pencernaan dan dapat membantu Anda merasa kenyang.

Baca juga: Florence Pugh Terkena Benda Terbang di Wajahnya saat Promosikan Dune: Bagian 2 di Brazil Comic-Con

Secara umum, pertimbangkan untuk membuat jus dengan blender dibandingkan dengan mesin pembuat jus. Memadukan bagian buah dan sayur yang bisa dimakan menghasilkan minuman dengan bahan kimia tumbuhan dan serat yang lebih menyehatkan.

Jika Anda mencoba membuat jus, buatlah jus sebanyak yang Anda bisa minum sekaligus. Bakteri berbahaya dapat tumbuh dengan cepat pada jus yang baru dibuat. Jika Anda membeli jus segar komersial, pilihlah produk yang dipasteurisasi.**