Helo Timor Leste

Ternyata Pramugari Harus Duduk di Atas Tangan Saat Lepas Landas dan Mendarat

Satwika Rumeksa - Ragam
Selasa, 5 Dec 2023 20:31
    Bagikan  
Duduk
TikTok

Duduk - Ada aturan khusus saat pramugari duduk di jumpseat

HELOTIMORLESTE.COM - Ketika Anda terbang untuk berlibur, Anda mungkin tidak melihat pramugari saat lepas landas. Sebagian besar dari kita memilih untuk menatap dunia yang semakin mengecil melalui jendela, kartu menu, atau bahkan buku atau ponsel untuk hiburan.

Namun, bagi mereka yang sedikit lebih jeli akan menyadari bahwa ketika awak kabin duduk di kursi lompatan - yaitu kursi yang dapat dilipat di bagian depan - mereka duduk di atas  tangan mereka.

Anda mungkin berpikir bahwa ini hanyalah kebiasaan, namun ternyata semua pramugari harus melakukan hal ini.

Tindakan ini memiliki alasan yang nyata di baliknya dan membantu menjaga keselamatan awak pesawat selama lepas landas. Seorang pramugari memposting tentang postur tubuh yang tidak biasa ini di akun TikTok mereka @_hennylim_.

Dalam video tersebut, ia menunjukkan dua pramugari berjalan di sekitar kabin pesawat sebelum duduk di kursi lompatan (jumpseat), memasang sabuk pengaman dan menyelipkan tangan mereka di bawah paha. Dengan suara yang lebih keras, ia menjelaskan mengapa mereka melakukan hal tersebut.

Baca juga: Merokok Bele fo Liman Tahan Husi Tensaun, Maibé iha Maneira Balun neebé Diak liu Atu Hasai Ensinu.

Dia berkata: "Mengapa awak kabin duduk dengan tangan mereka saat berada di kursi lompatan? Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa awak kabin duduk seperti ini saat lepas landas dan mendarat?

"Ini disebut 'bracing position'. Posisi ini melibatkan pengencangan sabuk pengaman dengan aman, duduk tegak, duduk dengan telapak tangan menghadap ke atas dan ibu jari terselip.

Lengan longgar dan kaki rata di lantai. Tujuannya adalah untuk menjaga tubuh tetap dalam posisi yang kaku sehingga jika terjadi benturan dari keadaan darurat yang tidak direncanakan, kerusakan pada tubuh tidak terlalu parah.

Paha di atas tangan

Hal ini membuat gerakan tubuh dibatasi sehingga kemungkinan cedera jika terjadi benturan lebih kecil.

Pramugari harus dapat membantu penumpang jika terjadi keadaan darurat, sehingga menjaga agar mereka tidak terluka adalah hal yang penting saat terbang. Pekerja maskapai juga mencatat bahwa kru akan melakukan tugas lain saat melakukan pengencangan.

Dia menjelaskan: "Selama waktu ini, mereka juga akan melakukan 'silent review' yang mempersiapkan mereka untuk menghadapi situasi darurat setiap kali lepas landas dan mendarat.

Baca juga: Inilah Alasan Pelatih Fernando Saat Melawan Bali United, Sangat Berat Seperti Melawan Tiga Tim Dalam Laga itu

Hal ini termasuk mengetahui peralatan darurat di lokasi, pengoperasian pintu, perintah yang diberikan, dan petunjuk visual apa pun di luar pesawat."

Jadi, jika Anda melihat pramugari Anda menyelipkan tangan di bawah kaki, Anda tahu bahwa mereka mengikuti prosedur yang benar. Anda bahkan dapat memilih untuk mengikuti posisi tubuh yang sama untuk menjaga diri Anda tetap aman.

Itu bukan satu-satunya hal yang diungkapkan pramugari tentang cara kerja pesawat saat kita akan berlibur. Ternyata ada banyak fakta tersembunyi yang mungkin tidak Anda ketahui.

Salah satu contohnya adalah pintu toilet bisa dibuka dari luar oleh pramugari dengan menggunakan "peniti tersembunyi". Seorang pramugara berkomentar: "Pintu toilet dapat dibuka dari luar dengan mengangkat pelat logam bertuliskan 'toilet' dan menarik pin di bawahnya."

Itu benar, bersembunyi di bawah tanda toilet adalah tingkat yang memungkinkan mereka masuk ke toilet jika Anda tidak sehat, butuh bantuan atau - seperti yang ditemukan oleh satu pasangan - Anda mulai tidak baik bergabung dengan mile high club. Omong-omong, hal itu ilegal di pesawat penumpang!