Helo Timor Leste

Misteri Kapal Hantu Ourang Medan yang Seluruh Kru Ditemukan Tewas BelumTerpecahkan

Satwika Rumeksa - Ragam
Sabtu, 13 Jan 2024 20:40
    Bagikan  
Kapal Hantu
shutterstock

Kapal Hantu - Kapal Ourang Medan tetap misteri hingga kini

HELOINDONESIA.COM - Kapal hantu mungkin terdengar seperti cerita petualangan ala Disney, tapi ada satu cerita yang bikin kepala penasaran selama puluhan tahun setelah laporan panggilan darurat misterius masuk ke kapal-kapal di Indonesia.

SS Ourang Medan konon karam di tahun 1940-an di Selat Malaka setelah awak kapal diduga meninggal.

Selama bertahun-tahun, banyak pertanyaan muncul tentang apa yang sebenarnya terjadi - jika kapal itu benar-benar pernah ada.

Menurut beberapa laporan pada saat itu, kapal di dekatnya mendengar panggilan darurat aneh dari Ourang Medan, yang mengatakan seluruh awak kapal telah meninggal, dengan operator radio kemudian mengirimkan satu pesan terakhir.

"Semua perwira termasuk kapten mati, tergeletak di ruang peta dan di jembatan, mungkin seluruh kru mati," begitu bunyi pesannya.

Setelah serangkaian kode morse yang tidak jelas, mereka dengan mencekam mengatakan: "Aku mati."

Baca juga: Piala Asia 2024: Jepang Diprediksi Menang Mudah 3-0 atas Vietnam

Ada laporan bahwa kapal Amerika bernama Silver Star datang untuk merespons panggilan darurat, dengan sekelompok pria menemukan seluruh kru yang sudah meninggal (termasuk anjing) terbaring telentang dengan wajah mereka tertuju ke matahari, mulut terbuka lebar.

Saat Silver Star berlayar untuk menarik kapal tersebut - dan di sinilah hal-hal menjadi sangat liar - dikatakan ada kebakaran yang terjadi di dalamnya, sebelum akhirnya meledak dan, um, tiba-tiba menghilang?

Sekarang, ada beberapa masalah dengan laporan tentang apa yang terjadi.

Pertama, tidak ada yang menyebutkan registrasi kapal di daftar pendaftaran Lloyd's Shipping, atau catatan resmi tentang kejadian yang dialami kru Silver Star atau ledakan yang terjadi setelahnya.

Bahkan tidak pernah ada tanggal pasti yang dikonfirmasi, dengan berbagai surat kabar menyatakan tahun antara 1940 hingga 1947 atau 1948, yang membuat beberapa orang percaya bahwa ini hanya mitos maritim.

Menurut Ripley's Believe it or Not, sebuah waralaba yang berurusan dengan peristiwa aneh dan tak terjelaskan, ada beberapa penjelasan tentang apa yang bisa terjadi.

Untuk kru yang malang, berbagai kemungkinan muncul," jelas situs webnya.

Baca juga: Pengancam Tembak Anies Baswedan Ternyata Orang Jember, Ditangkap di Rumahnya

"Serangan bajak laut tentu bukan hal yang tidak mungkin, tetapi kebanyakan laporan menyatakan bahwa tubuh-tubuh mereka sebagian besar tidak terluka.

"Keadaan tersebut mengarah pada pelepasan gas berbahaya - muatan lain yang mudah terbakar dan kontroversial, namun akrab dalam iklim internasional."

Lanjutannya: "Kemungkinan kejadian supranatural atau dari dunia lain telah diangkat, dan itu tidak mungkin diverifikasi.

"Begitu banyak ujung yang belum terikat di sini, tetapi satu hal yang pasti: kasus ini adalah salah satu yang paling menarik dalam sejarah kelautan, dan seperti identitas Jack the Ripper dan banyak misteri lain yang belum terpecahkan, adalah sifatnya yang secara tepat tidak mungkin yang terus menangkap imajinasi kita."