Helo Timor Leste

Ilmuwan Tiongkok Ciptakan Robot Pembuat Oksigen di Mars

Satwika Rumeksa - Teknologi
Rabu, 15 Nov 2023 15:46
    Bagikan  
Robot Oksigen
peepo/Getty

Robot Oksigen - Robot dapat membuat oksigen dari batuan Mars

HELOTIMORLESTE.COM - Ilmuwan Tiongkok menciptakan robot yang mampu membuat oksigen di Mars. Hal ini memungkinkan manusia suatu hari nanti bisa hidup di planet merah

Ilmuwan Tiongkok telah menciptakan robot ahli kimia yang dapat membuat oksigen menggunakan batuan Mars, membawa manusia selangkah lebih dekat untuk menjajah planet merah tersebut.

Robot tersebut mampu menganalisis mineral yang ditemukan di meteorit Mars, menghasilkan bahan kimia yang dibutuhkan untuk membuat oksigen, dan melakukan eksperimen “tanpa campur tangan manusia,” demikian laporan sebuah penelitian yang diterbitkan pada Senin.

Mengirim pasokan, seperti oksigen, ke Mars sangatlah mahal sehingga kemampuan untuk membuatnya di planet merah dapat menghilangkan hambatan besar dalam membangun koloni di masa depan.

Baca juga: Piala Dunia U-17: Pelatih Maroko Merendahkan Timnas U-17 Indonesia, Begini Katanya

“Kami telah mengembangkan sistem AI robotik yang memiliki otak kimia,” kata pemimpin studi Jun Jiang di Universitas Sains dan Teknologi Tiongkok di Hefei, menurut Nature News.

Tujuan utama ahli kimia robot ini adalah menemukan cara cerdas untuk membuat senyawa baru dari sumber daya yang ada di lapangan.

Untuk mengujinya, mesin tersebut ditugaskan untuk membuat oksigen dari air, dan dikatakan bahwa mesin tersebut hanya dapat menggunakan tanah Mars untuk mewujudkannya.**

AI robot menganalisis komposisi meteorit Mars menggunakan laser berkekuatan tinggi dan mempelajari lebih dari 3,7 juta formula untuk mengetahui kombinasi elemen mana yang akan berfungsi sebagai katalis untuk menghasilkan oksigen.

Baca juga: Pramugari SIA Ditahan di Jepang dengan Tuduhan Mengutil dan Menggigit Petugas Keamanan

Kemudian menguji lebih dari 200 katalis untuk menemukan katalis terbaik. Penelitian ini membutuhkan waktu sekitar 2.000 tahun bagi manusia untuk melaksanakannya, menurut siaran pers.

Setelah katalis ditemukan, AI melakukan eksperimen pada meteorit Mars di laboratorium menggunakan lengan robot untuk menguji apakah teorinya benar.

Hanya dalam waktu dua bulan, mereka mampu menciptakan katalis kimia yang secara efisien mengubah air menjadi oksigen.

“Di masa depan, manusia bisa membangun pabrik oksigen di Mars dengan bantuan ahli kimia AI,” kata Jiang.

Ada cara lain untuk membuat oksigen di Mars, yang mungkin lebih efisien. Perseverance Rover milik NASA baru-baru ini menunjukkan bahwa ia mampu membuat oksigen di Mars dari karbon dioksida di udara – sumber daya yang sangat melimpah.

Baca juga: Penlitian Gunung Padang Masuk Jurnal Archaeological Prospection, Disebut Piramid Tertua di Dunia

Tapi itu tidak penting. Karena tujuan kita tidak hanya mencapai planet merah tetapi juga menjadikannya layak huni, para ilmuwan mencari cara agar kita dapat dengan cepat menciptakan apa yang kita perlukan dari sumber daya yang sudah ada di sana.

“Berbagai bahan kimia dapat dibuat oleh robot ini,” kata Jiang, seperti dilansir Nature News.

“Terobosan teknologi ini membawa kita selangkah lebih dekat untuk mencapai impian hidup di Mars,” ujarnya dalam siaran pers.

Robot itu juga bisa menemukan aplikasi untuk kembalinya manusia ke bulan, katanya.

Studi ini dipublikasikan di jurnal peer-review Nature Synthesis.**