Helo Timor Leste

Estrella Tandatangani Perjanjian penting dengan Pemerintah Timor Leste, Soal Pertambangan Mangan, Tembaga dan Emas

Satwika Rumeksa - Ekonomi -> Bisnis
Senin, 1 Jul 2024 18:48
    Bagikan  
Estrella Mou Pemerintah
Istimewa

Estrella Mou Pemerintah - Direktur pelaksana Estrella Resources Chris Daws dan CEO MRT Jose Goncalves menandatangani perjanjian usaha patungan yang penting di Timor-Leste

HELOTIMORLESTE.COM - Estrella Resources telah menandatangani perjanjian patungan (joint venture/JV) dan akta royalti dengan Murak Rai Timor (MRT), perusahaan pertambangan yang dikelola negara di Pemerintah Timor-Leste, untuk mengeksplorasi mangan, tembaga, dan emas di negara tersebut.

Perusahaan tersebut akan memegang 70 persen dari usaha patungan yang baru dibentuk itu yang mencakup tiga lisensi eksplorasi yang mencakup kepemilikan tanah seluas 121,5 meter persegi, dengan MRT memegang 30 persen sisanya.

Berdasarkan ketentuan JV, MRT akan tetap bebas menjalankan bagiannya, sementara Estrella akan bertanggung jawab atas seluruh biaya hingga penyelesaian dan publikasi studi kelayakan definitif yang positif terkait dengan deposit pada setiap izinnya. MRT kemudian dapat memilih untuk mentransfer 30 persen bunganya kembali ke Estrella dan menerima royalti dua persen dari smelter bersih sebagai imbalannya.

CEO MRT Jose Goncalves mengatakan perjanjian tersebut mewakili “fase yang menarik”, tidak hanya untuk departemennya, tetapi juga untuk pengembangan sektor pertambangan Timor-Leste di masa depan.

Diketahui bahwa satu-satunya eksplorasi yang diketahui sebelumnya yang dilakukan di wilayah sewa tersebut terjadi pada Perang Dunia II. Namun, alih-alih berdiam diri, Estrella segera menyusun rencana untuk mulai menggali parit dan mengebor tanah yang sangat prospektif tersebut dalam upaya untuk mengukur tingkat mangan bermutu tinggi di setiap lokasi dan mengeksplorasi keberadaan emas dan tembaga yang signifikan.

Eksplorasi oleh perusahaan akan memusatkan perhatian pada formasi Noni yang menjadi rumah bagi tiga target utamanya dan di mana pita tebal kaya mangan telah ditemukan tepat di bawah permukaan.

Baca juga: Kabel Bawah Laut Baru Terpasang di Timor Leste

Manajemen baru-baru ini juga menemukan timbunan mangan tua yang dijuluki "Pelabuhan Jepang", yang terletak di pesisir dan dekat dengan lokasi eksplorasi. Dua sampel yang diambil dari timbunan seberat 30 ton itu dikirim kembali ke Perth untuk dianalisis, dengan hasil pengujian menunjukkan kadar mangan hingga 58,1 persen.

Estrella juga baru-baru ini mengungkapkan bahwa pihaknya telah menggambarkan pemogokan yang diketahui mencakup ketiga lisensi sejauh 66 persen hingga 47 km.

Pada bulan September tahun lalu, MRT dipisahkan dari Otoritas Perminyakan dan Mineral Nasional (ANPM) untuk membentuk departemen terpisah setelah pemerintah memberlakukan undang-undang pertambangan baru pada tahun 2021 untuk membantu mendiversifikasi perekonomian negara agar tidak terlalu terpengaruh oleh industri perminyakan.

Awal tahun ini, Beacon Minerals menandatangani JV serupa dengan MRT untuk mengeksplorasi tembaga, kobalt, dan emas. Dengan demikian, perusahaan ini membuka jalan bagi perusahaan lain dengan menjadi salah satu perusahaan pertama yang memperoleh hak sewa di Timor-Leste sejak negara tersebut merdeka, dan juga salah satu perusahaan pertama yang menandatangani JV dengan MRT.

Upaya pemerintah untuk membuka perekonomiannya terhadap investasi asing telah direncanakan dengan baik, setelah sebelumnya menjadi negara penandatangan Inisiatif Transparansi Industri Ekstraktif (EITI) internasional – sebuah skema sukarela yang berupaya memberantas korupsi dan meningkatkan transparansi pendapatan.

Meskipun Estrella mungkin telah memperoleh manfaat dari beberapa kerja keras di balik layar oleh orang lain dalam beberapa tahun terakhir untuk mendirikan yurisdiksi pertambangan yang transparan dan adil di negara tersebut, kini perusahaan tersebut memiliki target besar untuk dieksplorasi dan dukungan pemerintah. Jadi, perusahaan tersebut tampaknya telah memenuhi banyak persyaratan saat bergerak maju dengan kecepatan penuh.**