Helo Timor Leste

Pemerintahan Xanana Gusmau Geber Rencana Kerja APBN 2024, Pejabat Pemerintah yang Lemot akan Diganti

Dodo Hawe - Nasional
Sabtu, 6 Jan 2024 17:40
    Bagikan  
XANANA GUSMAO
istimewa

XANANA GUSMAO - PM Timor Leste, Xanana Gusmao saat berbicara di forum KTT ASEAN di Hotel The Sultan Jakarta, Indonesia, Senin (4/9/2023).

HELOINDONESIA.COM - Perdana Menteri Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmao benar-benar segera merealiasikan program dan melaksanakan pembangunan di Timor Leste.

Bahkan PM Xanana menjanjikan apabila ada anggota pemerintah yang tidak segera melaksanakan tugasnya secara maksimal akan dicopot.

Xanana mengatakan jika jabatan anggota pemerintah yang dipercaya oleh rakyat untuk memimpin negara dengan memperhatikan kehidupan rakyat.

Seperti kita ketahui anggota Pemerintah Konstitusi ke-IX setelah dilantik pada tanggal 01 juli 2023 lalu.

Baca juga: Janji FIFA Tidak Pasti, Pemerintah Timor Leste akan Bangun Stadion Bertaraf Internasional Dari APBN 2024

Dengan demikan mereka telah memasuki bulan keenam atau sudah 120 hari, untuk itu pemerintah akan fokus untuk memperkuat peraturan serta membahas dan mengajukan program.

Dimana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2024 telah disahkan oleh Presiden Republik, José Ramos Horta dengan total $1,95 miliar.

Oleh karena itu PM Xanana menyampaikan bahwa rencana kerja pemerintah untuk tahun 2024 akan difokuskan pada pembangunan sesuai anggaran APBN 2024.

Baca juga: Presiden Ramos Horta Sahkan APBN Timor Leste Sebesar 1,7 Miliar Dollar Amerika

Dijelaskan Xanana jika pada 2024 ini merupakan tahun dimana Pemerintahan Konstitusi ke-IX untuk memulai program dan melaksanakan pembangunan di Timor-Leste.

Perdana Menteri juga menjanjikan bahwa apabila anggota pemerintah tidak melaksanakan tugasnya secara maksimal, mereka akan diganti.

"Karena, jabatan anggota pemerintah yang dipercayakan oleh rakyat untuk memimpin negara dan memperhatikan kehidupan rakyat," jelas Xanana seperti dilansir kantor berita Tatoli.

Baca juga: Akademisi Timor Leste Menilai, Sektor Wisata di Timor Leste Tak Pernah Disentuh, Anggaran APBN Lebih Fokus Urusan Politik

Xanana menyampaikan Presiden Republik Timor Leste bahwa, sekarang pemerintah akan mulai mengeksekusi APBN 2024 yang telah disahkan.

"Jadi, Pemerintah akan mempersiapakan untuk melaksanakan program yang telah disepakati berdasarkan anggaran yang dialokasikan," kata PM Xanana.

Kepala Pemerintah itu juga telah menyampaikan kepada semua pejabat pemerintah bahwa, pada Maret 2024, pemerintah akan mengecek kemajuan dari hasil kerja setiap anggota pemerintah.

Baca juga: PM Xanana dan Ibu Negara Filipina Paling Seru Berjoget di Gala Dinner KTT ASEAN di Jakarta

"Jika tidak berkembang, maka mereka akan diganti. Karena ini pilihan rakyat untuk negara ini, dan harus segera dilaksanakan," ujar Xanana.

PM Xanana juga menegaskan, selama enam bulan terakhir, para anggota pemerintah hanya fokus pada pekerjaan.

Xanana meminta agar mereka untuk mengembangkan sistem pelayanan dan meningkatkan manajemen administrasi di setiap departemen dan lembaga negara sesuai dengan kebijakan amanat Pemerintah Konstitusional ke- IX. **