Helo Timor Leste

Ponsel Galaxy akan Tampilkan AI Generatif Milik Samsung Sendiri

Satwika Rumeksa - Ekonomi
Rabu, 8 Nov 2023 20:15
    Bagikan  
Samsung Gauss
samsung Electronics

Samsung Gauss - Peluncuran Ponsel Samsung Gauss

HELOTIMORLESTE.COM - Samsung Electronics telah meluncurkan model AI generatifnya sendiri, Samsung Gauss, yang akan dimasukkan ke dalam seri Galaxy S24 pada paruh pertama tahun 2024, sebagai bagian dari langkah berani raksasa teknologi Korea ini untuk bergabung dengan perlombaan AI generatif yang sangat kompetitif di industri TI global.

Perusahaan mengungkapkan Gauss pada hari kedua Samsung AI Forum di pusat penelitian dan pengembangannya di Seoul, Rabu. Model AI generatif dikembangkan oleh Samsung Research, unit R&D Samsung Electronics.

Samsung mengatakan bahwa Gauss dinamai sesuai dengan nama seorang ahli matematika Jerman dan terdiri dari tiga sub-model, termasuk model bahasa yang disebut Samsung Gauss Language, model asisten pengkodean yang disebut Samsung Gauss Code, dan model pembuatan gambar yang disebut Samsung Gauss Image.

"Model ini dinamai Carl Friedrich Gauss, ahli matematika legendaris yang menetapkan teori distribusi normal, tulang punggung pembelajaran mesin dan AI," kata Samsung.

"Selain itu, nama tersebut mencerminkan visi utama Samsung untuk model ini, yaitu memanfaatkan semua fenomena dan pengetahuan di dunia untuk memanfaatkan kekuatan AI untuk meningkatkan kehidupan konsumen di mana pun."

Baca juga: Seorang Pekerja Korea Selatan Tewas Akibat Robot Industri Error

Selama forum tersebut, Samsung memperkenalkan teknologi AI pada perangkat yang menggabungkan Gauss dengan berbagai perangkat pintar. Dengan menggunakan produk yang dilengkapi dengan kemampuan tersebut, pengguna dapat meringkas kalimat, mengoreksi tata bahasa, dan melakukan berbagai tugas dengan mudah tanpa mengirimkan informasi pribadi mereka.

Samsung berencana untuk secara bertahap memasukkan model AI generatif ini ke dalam berbagai produk, sementara para ahli industri memperkirakan bahwa model ini akan memulai debutnya pada paruh pertama tahun depan, kemungkinan pada smartphone unggulan seperti seri Galaxy S24.

Pada tanggal 31 Oktober, Daniel Araujo, wakil presiden Divisi Mobile eXperience (MX) Samsung Electronics, mengumumkan bahwa layanan AI generatif akan diterapkan pada perangkat Galaxy.

"Kami berencana untuk menerapkan AI generatif pada fungsi-fungsi inti yang digunakan oleh pelanggan setiap hari," kata Araujo kepada para investor dalam sebuah panggilan konferensi yang mengumumkan pendapatan kuartal ketiga. "Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih bermakna dan inovatif berdasarkan pola penggunaan dan preferensi individu mulai tahun 2024."

Forum ini dihadiri oleh lebih dari 150 orang dari industri dan akademisi untuk bertukar pengetahuan tentang teknologi AI, kata Samsung.

Baca juga: Aktris Ini Mati Rasa Setelah Makan Semangkuk Bak Kut Teh

"Kami akan terus mendukung penelitian yang berkaitan dengan AI generatif dan berkolaborasi dengan para pemimpin industri dan akademisi untuk berkembang bersama," kata Kim Dae-hyun, wakil presiden eksekutif Samsung Research Global AI Center. "Melalui penelitian berkelanjutan tentang AI generatif, kami bertujuan untuk meningkatkan nilai pengalaman konsumen."**