Helo Timor Leste

Perusahaan Tambang Minyak dari Kazakhstan Segera Mengekplorasi Blok F di Viqueque

Dodo Hawe - Ekonomi
Kamis, 7 Mar 2024 17:08
    Bagikan  
KERASAMA
MCAS Minister at INFPM

KERASAMA - Penandatangan bagi hasil eksplorasi penambangan minyak antara Otoritas Perminyakan Nasional Timor Leste dan HTS Exploration Ltd untuk KFP TL-OT-22-22 Blok F, Kamis (7/3/2024).

HELOTIMORLESTE.COM - Tidak lama lagi HTS Exploration Ltd dari Kazakhstan akan segera melakukan operasi minyak melalui eksplorasi di Blok F, di lahan kering, di Kota Viqueque.

Adapun luas are ayang akan ditambang mencapai 844,45 km2 meliputi 26 desa dari empat pos administrasi, yakni Hatohuilico, Vatulari, Ossu Vatukarbau, dan Viqueque.

Penandatanganan kontrak bagi hasil antara Otoritas Perminyakan Nasional Timor Leste dan HTS Exploration Ltd untuk KFP TL-OT-22-22 Blok F dilaksanakan, Kamis (7/3/2024).

Baca juga: El Molla Berdiskusi dengan Mitra Timor Leste untuk Mendukung COOP di Industri Minyak dan Gas

Penandatanganan disaksikan Wakil Perdana Menteri, Menteri Koordinator Bidang Sosial, dan Menteri Pembangunan Pedesaan dan Perumahan Masyarakat, Mariano Assanami Sabino.

Assanami Sabino mengucapkan terima kasih kepada perusahaan yang datang dari jauh namun bersedia bekerja sama dengan pemerintah Timor-Leste melalui Otoritas Perminyakan Nasional untuk mengeksplorasi cadangan minyak Timor yang kaya.

Sektor yang mendukung perekonomian Timor saat ini adalah sektor perminyakan, sehingga kaum muda, veteran, dan semua orang di Viqueque bersama Kementerian Perminyakan, Sumber Daya, dan Mineral mendukung pekerjaan yang akan dilakukan perusahaan di lapangan untuk memastikan pekerjaan tersebut berjalan lancar.

Baca juga: Jadikan Kucing Anda Lebih Sehat dengan Minyak Ikan, Bukan Minyak Lainnya

"Melalui acara penandatanganan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua perusahaan yang secara konsisten bekerja sama dengan kami untuk mengeksplorasi kekayaan sumber daya kami," kata Sabino.

Pemerintah tetap konsisten dengan kebijakan pipeline (saluran pipa) Greater Sunrise harus mengarah ke Timor Leste.

Dikatakan Sabino jika Perdana Menteri berada saat ini di Australia untuk memperjuangkan agar Woodside dan Pemerintah Australia mendukung kebijakan yang akan memberikan kehidupan kepada masyarakat yang sebelumnya berjuang dan mati untuk mempertahankan kedaulatan Australia dalam Perang Dunia II.

Baca juga: Baron Oil  Setujui Pengembangan untuk PSC Ladang Minyak Chuditch di Lepas Pantai Timor Leste

"Kami akan terus mendukung Moun Xanana dalam memperjuangkan kebijakan pipeline (saluran pipa) Greater Sunrise harus ke Timor Leste, agar dapat membawa manfaat bagi rakyat kami," kata Wakil Perdana Menteri dari Partai Demokrat Timor Leste ini.

Kebijakan pipeline (saluran pipa) Greater Sunrise yang mengarah ke Timor Leste penting bagi Timor Leste, karena jika hal ini terjadi, maka akan berdampak positif pada sektor lain, dan akan banyak industri bermunculan yang menyediakan lapangan kerja bagi generasi muda.

Baca juga: Timor Leste Ingin Kaya, Ini Saran Orang Singapura Selain Minyak

Oleh karena itu, bagi seluruh masyarakat khususnya yang berada di Viqueque untuk berkontribusi, bekerja sama dengan pemerintah, dan memastikan bahwa semua pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan di wilayah tersebut akan berhasil.

Pada upacara penandatanganan ini juga dihadiri Menteri Dalam Negeri, Menteri Perminyakan dan Sumber Daya Mineral, Presiden Otoritas Kota Viqueque, Administrator Pos Haat di Viqueque, dan 28 Kepala Desa Viqueque, dan perwakilan HTS Exploration Ltd lainnya. **