Helo Timor Leste

Jadikan Kucing Anda Lebih Sehat dengan Minyak Ikan, Bukan Minyak Lainnya

Ugu - Ragam
Minggu, 11 Feb 2024 17:11
    Bagikan  
Kucing
Istimewa

Kucing - Agar kucing sehat bisa diberikan suplemen minyak ikan

HELOTIMORLESTE.COM - Anda paham bahwa kucing sangat suka ikan, tetapi apakah Anda tahu bahwa minyak ikan adalah salah satu suplemen terbaik yang bisa Anda berikan kepada kucing Anda?

Kucing mendapatkan banyak keuntungan dari asam lemak omega, khususnya Omega-3, yang terkandung dalam minyak ikan. Ada dua jenis asam lemak omega-3 yang penting, yaitu asam Eicosapentaenoic (EPA) dan asam Docosahexaenoic (DHA).

Baca juga: Jika Kucing Mengibaskan Ekor Sebaiknya Anda Menjauh, Begini Penjelasannya

Asam lemak ini telah terbukti membantu fungsi otak, sendi, serta kesehatan kulit dan rambut. Ini bermanfaat baik untuk bagian dalam maupun luar kucing Anda.

Minyak ikan mana yang paling baik?

Pilihlah minyak ikan yang kaya akan asam lemak Omega-3 seperti salmon, sarden, dan ikan teri. Ikan yang ditangkap di alam liar lebih disarankan karena ikan yang dipelihara di peternakan sering kali terkontaminasi zat berbahaya seperti merkuri.

Lautan yang bersih biasanya memiliki kadar merkuri yang rendah atau bahkan tidak ada sama sekali. Kadar omega biasanya jauh lebih tinggi pada ikan yang ditangkap di alam liar.

Baca juga: Mengapa Kucing Sangat Menyukai Tuna? Begini Penjelasan Ilmiahnya

Bagaimana dengan minyak nabati?

Meskipun minyak nabati juga memiliki manfaat tersendiri, namun minyak nabati tidak bisa menggantikan nilai gizi yang diberikan oleh minyak ikan. Memang benar mereka mengandung asam lemak omega, tetapi biasanya asam lemak omega-6 lebih dominan dan asam lemak omega-3 lebih sefikit.

Berapa banyak saya harus memberikan minyak ikan kepada kucing saya?

Minyak ikan harus diberikan setiap hari untuk mendapatkan manfaat maksimal. Berikan 20-55 mg per pon berat badan setiap hari. Berikan minyak ikan di antara waktu makan mereka sehingga bisa dijadikan sebagai bumbu pada makanan mereka.

Anda dapat memberikan minyak ikan sebagai camilan yang menyegarkan atau taburkan di atas piring untuk diberikan langsung. Menambahkannya ke makanan ringan juga bisa.

Minyak ikan adalah suplemen yang bagus untuk kucing Anda, membuatnya tetap sehat dan bertenaga. Anda bisa koonsultasi debgan dokter hewan untuk info lebih lanjut.***