Helo Timor Leste

Ekspor Kopi Timor Leste Tahun 2024 Mencapai 906 Ton, Simak Potensi Lain Timor Leste

Dodo Hawe - Ekonomi
Rabu, 7 Aug 2024 15:27
    Bagikan  
Kopi Timor
Real Features/Cedric Arnold

Kopi Timor - Kopi Timor Leste menggabungkan Arabika dan Robusta

HELOTIMORLESTE.COM - Hingga pertengahan bulan tahun 2024 ekspor kopi Timor Leste mencapai 906 ton yang diekspor ke 9 negara di dunia salah satunya ke negara tetangga Indonesia.

Ke sembilan negara tujuan ekspor kopi dari Timor Leste antara lain Indonesia, Singapura, Australia, Amerika, China, Jepang, Thailand, Portugal dan Selandia Baru dengan jenis kopi Arabika dan Robusta.

Indonesia meskipun merupakan negara penghasil kopi terbesar ke tiga di dunia masih mengimpor kopi-kopi dari negara lain seperti Brasil dan Timor Leste.

Baca juga: Harga Kopi Terus Naik Dilevel Tertinggi, Hal ini Perlu Diketahui Para Petani Kopi Indonesia dan Timor Leste

Kopi Timor Leste di dapat dari beberapa pertanian kopi kecil yang kemudian dikumpulkan oleh penadah untuk di ekspor.

Hampir semua kopi di Timor Leste menggunakan metode wet-processed yang masih secara tradisional.

Oleh karena itu, biji kopi dari Timor Leste seringkali beragam tetapi inilah yang menjadi ciri khas rasanya.

Tanaman kopi di Timor Leste kebanyakan berada di ketinggian 1100 hingga 1200 mdpl meskipun pohon kopi masih seringkali ditemukan hingga ketinggian 1600 mdpl.

Baca juga: Poupa $640,000 Atu Bele Reforma Lalais, Hakarak Kopia?

Sementara Kementerian Perdagangan dan Luar Negeri (MKI), melalui Direktorat Nasional Perdagangan Luar Negeri (DNCE) mengungkapkan ekspor kopi hingga saat ini (2024) mencapai 906,84 ton kopi Arabika dan Robusta.

Direktur Nasional Perdagangan Luar Negeri, Mario AbrĂ£o menjelaskan ekspor kopi hingga sekarang 906,84 ton kopi dengan menghasilkan devisa negara $3 juta.

Mario Abrao menjelaskan kopi yang diekspor ke luarga negeri melalui sejumlah perusahaan lokal seperti OutSpan, People Trade, Cafe Brissa, dan Timor Global.

Baca juga: Data Ekspor Kopi Timor Leste Terus Menurun, Peringatan Dari Peneliti Timor Leste untuk Melakukan Langkah Tepat

Sementara data dari Cooperativa Cafe Timor (CCT dan National Cooperative Business Association (NCBA) Timor Leste tahun 2023, asosiasi ini berhasil mengekspor kopi sebanyak 2 ribu ton melalui perusahaan StarBucks, Kanda, Selandia Baru dan Australia.

Dari jumlah itu produk kopi dikirim menggunakan 37 kontainer menuju Amerika Serika, namun pengirimannya melalui StarBucks.

Seperti kita ketahui data ekspor kopi pada tahun 2022, Timor-Leste senilai $138 juta, menjadikannya eksportir kopi terbesar ke-33 di dunia.

Baca juga: Perkebunan Kopi Timor Leste Banyak yang Berusia 400 Tahun, Segera Lakukan Langkah Serius

Pada tahun yang sama, kopi merupakan produk ke-2 yang paling banyak diekspor Timor-Leste.

Menurut data The Observatory of Economic Complexity menyebut tujuan utama ekspor Kopi dari Timor-Leste adalah Indonesia ($102 juta), Kanada ($14 juta), Amerika Serikat ($10,5 juta), Jerman ($3,43 juta), dan Australia ($2,29 juta).

Pasar ekspor Kopi Timor Leste dengan pertumbuhan tercepat antara tahun 2021 dan 2022 adalah Indonesia ($101 juta), Kanada ($2,82 juta), dan Jerman ($1,51 juta).

Baca juga: Inilah Kopi Manggarai, Timor Tengah Utara dan Timor Tengah Selatan Tak Kalah Enak dengan Kopi Timor Leste

Selain mengekspor kopi Timor Leste juga melakukan ekspor sejumlah produk lain yang mampu menghasilkan devisi negara sebesar 56 ribu dollar AS.

Beberapa komunditas lain yang diekspor itu itu di antara nya adalah ekspor rumput laut, kemiri, ampas kelapa kering, kunyit, kulit sapi, bengkuang, dan bubuk bengkuang jumlahnya mencapai 181 ton yang ekspor ke Jepang, Singapura, China dan Indonesia.

Baca juga: Alasan Kopi Timor Leste Tetap Paling Enak di Dunia, Meskipun Bijinya Dicuri Negara Lain

Bahkan dalam enam bulan pertama, sekitar tiga ton besi tua juga diekspor ke China, Singapura, Jepang, Malaysia, dan Amerika.

Ekspor ini menghasilkan pengumpulan pajak sebesar sebesar $5 ribu dollar Amerika untuk kas Negara. **