Helo Timor Leste

Inilah Kopi Manggarai, Timor Tengah Utara dan Timor Tengah Selatan Tak Kalah Enak dengan Kopi Timor Leste

Dodo Hawe - Ragam
Jumat, 9 Feb 2024 09:50
    Bagikan  
KOPI NTT
instagram @dicky.senda

KOPI NTT - Kopi Manggarai, Timor Tengah Utara dan Timor Tengah Selatan tak kalah enak dengan kopi Timor Leste

HELOTIMORLESTE.COM - Menjadi negara tropis Indonesia memberikan keuntungan dengan tumbuhnya aneka macam tanaman salah satunya pohon kopi.

Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar ke-4 di dunia banya dijumapai tanaman kopi diberbagai wilayah dengan varian dan kekhasan yang beda.

Apalagi saat ini kopi sedang menjadi trendsetter dalam pergaulan masyarakat dunia khususnya di Indonesia sendiri.

Kopi seakan menjadi wadah pelarian yang tepat saat kita sedang menghadapi sesuatu, entah sesuatu yang menggembirakan atau genting sekalipun.

Baca juga: Wow! Ternyata Daun Kopi Bisa Mengontrol Gula Darah dan Tekanan Darah Tinggi

Kondisi semacam ini tentunya sangat baik terutama untuk petani kopi di Indonesia karena dengan begini kopi-kopi mereka menjadi laku di pasaran.

Indonesia sendiri memiliki berbagai macam kopi berjenis arabika dan robusta, salah satu daerah penghasil kopi terenak di Indonesia adalah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kopi yang berasa dari provinsi NTT memiliki citasa yang luar biasa, hal ini karena kondisi alam dan iklim di NTT yang mendapatkan intensitas cahaya matahari yang baik sehingga sangat cocok ditanami kopi.

Baca juga: Presiden Asosiasi Kopi Timor Serukan Mejaga Kualitas Kopi Timor Leste Agar Diperhitungkan di Pasar Global

Ada banyak macam jenis kopi dari daerah ini seperti yang disampaikan Krisna Setiawan, dosen Jurusan Manajemen Pertanian Lahan Kering, Politeknik Pertanian Negeri Kupang mengungkapkan beberapa jenis kopi antara lain:

Kopi Flores Bajawa
Bagi sebagian pecinta kopi nusantara mungkin sudah tidak asing lagi mendengar Kopi Bajawa.

Kopi ini berasal dari dataran tinggi Kabupaten Ngada, Flores, dengan cita rasa yang kuat dengan perpaduan rasa asam dan pahit yang dominan.

Kopi ini juga memiliki aroma yang khas dengan sentuhan buah-buahan dan rempah-rempah yang juga banyak di jumpai di daerah sana.

Baca juga: Alasan Kopi Timor Leste Tetap Paling Enak di Dunia, Meskipun Bijinya Dicuri Negara Lain

Kopi Flores Manggarai
Kopi Flores Manggarai adalah salah satu kopi terbaik di Indonesia, berasal dari dataran tinggi Kabupaten Manggarai, Flores.

Kopi Flores Manggarai memiliki cita rasa yang kompleks perpaduan antara rasa asam, manis, dan pahit yang seimbang, dengan sentuhan bunga dan buah-buahan.

Kopi Sumba
Kopi Sumba, kopi khas dari Pulau Sumba, NTT, berjenis robusta ini memiliki rasa yang unik yaitu adanya rasa cokelat dan after taste yang nikmat.

Kopi Sumba pernah mendapatkan cap sebagai kopi terenak di Indonesia pada Festival Kopi Nusantara pada Agustus 2017 silam.

Kopi Sumba ditanam di ketinggian 800 - 1.200 Mdpl (meter di atas permukaan laut), yang sangat cocok untuk pertumbuhan kopi robusta.

Kopi ini memiliki kandungan kafein yang tinggi sehingga cocok untuk para pecinta kopi yang menyukai kopi dengan rasa yang kuat.

Baca juga: Impor Kopi Timor Lete ke Indonesia Cukup Besar, Meskipun Indonesia Sendiri Penghasil Kopi Terbesar Ketiga di dunia

Kopi Timor Tengah Utara
Kopi Timor Tengah Utara, salah satu kopi arabika terbaik di Indonesia, berasal dari daerah pegunungan di wilayah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Kopi TTU ditanam di ketinggian 1.000 - 1.500 mdpl di atas permukaan laut. Kondisi tanah dan iklim di daerah ini sangat cocok untuk pertumbuhan kopi.

Kopi TTU dibudidayakan oleh petani lokal secara turun-temurun, memiliki perpaduan rasa asam dan pahit yang seimbang.

Kopi TTU telah mendapat pengakuan dari berbagai pihak, baik di dalam maupun luar negeri, pernah memenangkan berbagai penghargaan kopi internasional.

Kopi TTU juga telah diekspor ke berbagai negara, seperti Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

Baca juga: Cara Menikmati Kopi Timor Leste Menggunakan French Press Agar Sempurna

Kopi Timor Tengah Selatan
Kopi Timor Tengah Selatan merupakan salah satu jenis kopi arabika dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Kopi TTS memiliki sejarah yang panjang, kopi pertama kali dibawa ke Timor oleh Portugis pada abad ke-16.

Sejak saat itu, kopi menjadi salah satu komoditas pertanian yang penting di Timor, khususnya TTS.

Baca juga: Ekspor Kopi Timor Leste Nomor Tiga di China, Ungguli Australia, Jepang dan Inggris

Kopi TTS ditanam di ketinggian 1.000-1.500 Mdpl, dengan kondisi alam yang mendukung seperti suhu udara yang sejuk dan curah hujan yang tinggi membuat kopi TTS memiliki kualitas yang baik.

Kopi ini memiliki cita rasa yang khas, yaitu manis dan lembut, bahkan tanpa gula.

Kopi TTS juga memiliki aroma yang harum dan menyegarkan, menjadi salah satu produk unggulan Kabupaten Timor Tengah Selatan. **