Helo Timor Leste

Semua Penumpang Kereta Gantung di Pakistan Berhasil Diselamatkan

Satwika Rumeksa - Internasional
Rabu, 23 Aug 2023 07:53
    Bagikan  
Operasi Penyelamatan
Rescue 1122, via Reuters

Operasi Penyelamatan - Petugas penyelamat memasang harness pada korban untuk dibawa dengan heli

HELOTIMORLESTE.COM - Dalam sebuah adegan ajaib, kedelapan orang termasuk enam anak sekolah yang terjebak berjam-jam di dalam kereta gantung di atas lembah terpencil di Pakistan berhasil diselamatkan pada hari Selasa.

"Operasi penyelamatan telah selesai. Dua orang dewasa adalah orang terakhir yang berhasil diselamatkan," kata Bilal Faizi, seorang pejabat dari layanan darurat Pakistan.

Rombongan tersebut menggunakan kereta gantung untuk menuju ke sebuah sekolah ketika sebuah kabel putus di ketinggian 365 meter di tengah perjalanan di daerah terpencil di pegunungan di barat laut provinsi Khyber Pakhtunkhwa.

Anak-anak berhasil diselamatkan terlebih dahulu, sementara orang dewasa yang terakhir ditarik keluar.

Baca juga: Dua Anak Berhasil Diselamatkan dalam Insiden Anak-anak Terperangkap dalam Kereta Gantung Pakistan

Di Twitter, yang sekarang dikenal sebagai X, Caretaker Perdana Menteri Anwaar-ul-Haq Kak mengatakan bahwa ia "merasa lega dengan penyelamatan yang aman.

"Kerja tim yang luar biasa dari militer, departemen penyelamatan, administrasi distrik dan juga masyarakat setempat".

Kereta gantung darurat adalah hal yang umum di beberapa bagian Pakistan. Mereka memungkinkan perjalanan melintasi lembah yang di sisi lain membutuhkan waktu berjam-jam, dapat diselesaikan dalam hitungan menit.

Sebuah video penyelamatan awal menunjukkan seorang anak yang diikat ke dalam tali pengaman berayun dari bawah helikopter sementara kerumunan orang bersorak-sorai di latar belakang.

Beberapa helikopter militer sebelumnya pada hari itu menerbangkan misi pengintaian dan seorang personel diturunkan dengan tali pengaman untuk mengantarkan makanan, air, dan obat-obatan, kata Tanveer Ur Rehman, seorang pejabat pemerintah setempat, kepada AFP.

Baca juga: Pasukan Komando Pakistan Berusaha Selamatkan Anak-anak Terperangkap dalam Kereta Gantung 300 Meter di Atas Tanah

"Ini adalah operasi yang rumit yang menuntut ketelitian yang tinggi. Helikopter tidak dapat mendekati kursi gantung secara dekat, karena tekanan udara yang turun dapat mematahkan rantai tunggal yang menopangnya," katanya.

Kerumunan orang yang cemas berkumpul di kedua sisi jurang, yang berjarak beberapa jam dari kota besar mana pun.

"Setiap kali helikopter menurunkan penyelamat lebih dekat ke kursi gantung, angin dari helikopter akan mengguncang dan membuat kursi gantung tidak seimbang sehingga membuat anak-anak berteriak ketakutan," kata Ghulamullah, ketua daerah lembah Allai, kepada Geo News.**