Helo Timor Leste

Pasukan Komando Pakistan Berusaha Selamatkan Anak-anak Terperangkap dalam Kereta Gantung 300 Meter di Atas Tanah

Satwika Rumeksa - Internasional
Selasa, 22 Aug 2023 22:29
    Bagikan  
Pasukan Komando
Office of Deputy Commissioner of Battagram.

Pasukan Komando - Pasukan komando berusaha menyelmatkan, namun terhalang angin kencang

HELOTIMORLESTE.COM - Delapan orang terjebak di dalam kereta gantung pada ketinggian 900 kaki (300 meter )di Battagram, Pakistan. Enam orang yang terjebak adalah anak-anak dan dua orang dewasa.

Dilaporkan BBC, Selasa (22/8/2023), pemerintah Pakistan telah memerintahkan pertolongan ke para korban. Insiden terjadi sekitar jam 07:00 pagi waktu setempat di lembah Allai, provinsi Khyber Pakhtunkhwa.

Umum di Pakistan bahwa kereta gantung jadi transportasi anak-anak sekolah

Jawad Hussain, asisten komisaris Allai, mengatakan kepada BBC bahwa sebuah upaya sedang dilakukan untuk melakukan operasi penyelamatan dengan bantuan helikopter dari Angkatan Darat Pakistan.

Seorang komando telah mencoba dua kali untuk mencapai kereta gantung dengan bantuan tali.

Menurut Hussain, tali kereta gantung putus pada pukul 07:00 waktu setempat (02:00 GMT) pagi ini.

Baca juga: Temuan Mayat Perempuan Berseragam Pramuka Gudep 27.05.208, Diduga Pelajar SMA di Pemalang

Beberapa saat kemudian, air dan bahan makanan lainnya dikirim ke orang-orang yang terdampar oleh tim penyelamat dari helikopter.

Orang-orang dari daerah Shangla dan Bisham menuju Allai untuk menawarkan bantuan. Mereka adalah orang-orang yang biasanya memiliki pengalaman dalam melakukan kegiatan bantuan dalam situasi seperti ini.

Seorang pejabat di tempat kejadian mengatakan bahwa mereka sedang mengerjakan rencana penyelamatan alternatif, di mana tali baru sedang dipasang di kedua sisi kereta gantung sebagai rencana cadangan jika tentara tidak dapat mengeluarkan para penumpang dengan menggunakan helikopter.

Terperangkap

Para ahli telah dipanggil untuk mempercepat pekerjaan pemasangan tali baru, yang kemudian dapat digunakan untuk menjangkau kendaraan yang terdampar.

Ringkasan beritanya sebagai berikut

- Tim penyelamat sedang berjuang untuk membebaskan enam anak dan dua orang dewasa yang terjebak dalam kereta gantung yang menggantung di atas jurang di Pakistan

- Tentara komando militer telah mencoba mencapai mobil tersebut dua kali dengan menggantung di helikopter, tetapi angin kencang menghalangi operasi yang berbahaya ini.

Baca juga: Tiga Perampok Bersenjata Api Gasak Alfamart Komplek Deplu, Penjaga Ditodong Rp 14 Juta Digondol Pergi

- Anak-anak yang berusia antara 10 dan 16 tahun itu sedang pergi ke sekolah di Battagram ketika salah satu kabelnya putus - membuat mobil tersebut tersangkut di ketinggian 274 meter di atas tanah

- Seorang anak laki-laki berusia 16 tahun di dalam mobil memiliki masalah jantung dan tidak sadarkan diri setidaknya selama dua jam, kata seorang dewasa yang terjebak di dalam mobil kepada BBC

Mereka telah terjebak selama sekitar 10 jam - dan seorang penduduk setempat mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa kereta gantung itu sekarang "digantung dengan satu tali"**