Helo Timor Leste

Gempa Dahsyat Landa Maroko Diperkirakan 1.000 Orang Tewas

Satwika Rumeksa - Internasional
Sabtu, 9 Sep 2023 22:39
    Bagikan  
Gempa Maroko
REUTERS/Abdelhak Balhaki)

Gempa Maroko - Gempa merenggut 1.000 nyawa di Maroko

HELOTIMORLESTE.COM - Gempa bumi dahsyat di Maroko telah menewaskan lebih dari 1.000 orang dan melukai ratusan lainnya, gempa paling mematikan di negara itu dalam lebih dari enam dekade terakhir, merobohkan rumah-rumah di desa-desa pegunungan terpencil di mana para penyelamat menggali reruntuhan untuk mencari korban yang selamat.

Gempa berkekuatan 7,2 skala Richter tersebut terjadi di pegunungan High Atlas Maroko pada Jumat malam. Kementerian Dalam Negeri Maroko mengatakan 820 orang tewas dan 672 lainnya terluka.

Sebagian besar korban tewas berada di daerah pegunungan di luar Marrakech, kota terdekat dari pusat gempa, demikian jumlah korban yang diperbarui.

Di desa Amizmiz, sekitar 60 km (40 mil) selatan Marrakesh, petugas penyelamat memilah-milah reruntuhan.

Baca juga: Penjahat Gunakan AI untuk Membuat Suara dan Foto Palsu untuk Menipu

"Ketika saya merasakan bumi berguncang di bawah kaki saya dan rumah saya miring, saya bergegas mengeluarkan anak-anak saya. Tapi tetangga saya tidak bisa," kata Mohamed Azaw. "Sayangnya tidak ada seorang pun yang ditemukan dalam keadaan hidup dalam keluarga itu. Ayah dan anak laki-laki ditemukan tewas dan mereka masih mencari ibu dan anak perempuannya."

Sekitar 20 orang termasuk petugas pemadam kebakaran dan tentara berpakaian lengkap berdiri di atas reruntuhan sebuah rumah di Amizmiz ketika mereka mencoba untuk menyingkirkan puing-puing, potongan-potongan karpet dan perabotan yang menonjol dari celah di antara lantai beton.

Di Marrakech, di mana 13 orang dipastikan tewas, warga menghabiskan malam di tempat terbuka, takut untuk pulang ke rumah.

Baca juga: PM Lee Bertemu PM Xanana di Jamuan Makan Malam KTT ASEAN

Bangunan-bangunan di kota tuanya, yang merupakan situs Warisan Dunia UNESCO, mengalami kerusakan. Sebuah menara masjid runtuh di Alun-alun Jemaa al-Fna, jantung kota tua.

Kementerian Dalam Negeri Maroko mengimbau agar masyarakat tenang, dan mengatakan dalam sebuah pernyataan yang disiarkan di televisi bahwa gempa tersebut melanda provinsi Al Haouz, Ouarzazate, Marrakesh, Azilal, Chichaoua, dan Taroudant.

Pusat geofisika Maroko mengatakan bahwa gempa tersebut terjadi setelah pukul 23.00 (2200 GMT) di daerah Ighil di High Atlas.

Ini merupakan gempa paling mematikan di Maroko sejak tahun 1960, ketika sebuah gempa diperkirakan menewaskan sedikitnya 12.000 orang, menurut US Geological Survey.

Baca juga: Unduh Musik Mp3 Gratis Tanpa Aplikasi, Ini Tempatnya

Ighil, sebuah daerah pegunungan dengan desa-desa pertanian kecil, berjarak sekitar 70 km (40 mil) barat daya Marrakech.

Televisi Spanyol RTVE melaporkan bahwa getaran dari gempa bumi tersebut terasa di Huelva dan Jaen di Andalusia, Spanyol selatan.

Pemerintah di seluruh dunia menyatakan solidaritas dan menawarkan bantuan. Turki, di mana gempa bumi dahsyat pada bulan Februari menewaskan lebih dari 50.000 orang, menyatakan siap memberikan bantuan.

Marrakech akan menjadi tuan rumah pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia pada awal Oktober.**