Helo Timor Leste

YouTuber Tzuyang Tetap Kurus Meskipun Mukbang, Penjelasan Dokter Ini Jadi Viral

Jumat, 7 Jul 2023 16:19
    Bagikan  
YouTuber Tzuyang
Tzuyang

YouTuber Tzuyang - YouTuber Tzuyang lagi mukbang

HELOTIMORLESTE.COM -

Seorang YouTuber Tzuyang berat badannya tidak bertambah, sekalipun ia tiap hari makan porsi makanan yang bisa memberi makan sepuluh orang? Netizen pun penasaran mengapa bisa terjadi.

Seorang dokter bernama Seo Jae Gul yang merupakan seorang dokter medis yang membuat video YouTube yang membahas topik kesehatan memberikan alasan ilmiah mengapa Tzuyang tidak gemuk, hal ini ia sampaikan melalui videonya hingga viral.

Baca juga: Ibunda Almarhumah Coco Coco Lee Mencoba Akupunktur Sebagai Upaya Terakhir untuk Menyelamatkan Putrinya

Pertama, Dokter Seo Jae Gul berbicara tentang ukuran perut manusia dan membandingkannya dengan cangkir kertas dan botol berukuran 2 liter.

Biasanya perut rata hingga kurang dari setengah ukuran paper cup, namun saat makanan masuk, perutnya terus terbuka dan meregang cukup untuk menampung hingga 2 liter botol air kemasan.

Perut bisa meregang hingga kira-kira lima puluh kali ukurannya; Namun, Seo Jae Gul menekankan bahwa perut yang telah diregangkan dalam waktu lama tidak akan mudah menyusut kembali.

Baca juga: Sekolah Menengah Internasional K-pop Pertama Dibuka di Singapura

Lalu kenapa mukbang Youtuber sepertinya tidak bertambah gemuk?

Seo Jae Gul mengklarifikasi bahwa kuncinya adalah tidak menyimpan makanan di perut dalam waktu lama.

"Jika Anda melihat mukbang YouTuber Tzuyang, dia tidak menyimpan makanan di perutnya dalam waktu lama dan langsung mengirimkan makanan yang dia makan ke usus." kata Seo Jae Gul

Dia membandingkannya dengan menuangkan air ke dalam toples dengan celah (lobang) di bagian bawah: orang bisa makan makanan tanpa henti jika mereka terus menurunkannya dan mengosongkan perutnya dengan cepat.

Inilah mengapa berat badan Tzuyang tidak bertambah.

Dokter menjelaskan bahwa berat badan manusia bertambah ketika tubuh menyimpan makanan dalam bentuk lemak. Di sisi lain, jika makanan langsung dikirim ke usus, tidak berubah menjadi lemak yang tersimpan.

Baca juga: Presenter Cantik Zhang Manyuan Mendapat Julukan Kardashian China

"Tubuh kita bertambah berat ketika makanan disimpan dalam bentuk lemak di dalam tubuh kita, tetapi jika tubuh tidak menyerap makanan dan mengirimkannya dari usus ke kotoran dengan cepat—jika masuk melalui mulut dan keluar melalui anus—ada tidak ada perubahan besar pada tubuh kita. Itu sebabnya berat badan kita tetap sama. Jika Anda terlihat makan banyak, tetapi itu berarti Anda mengeluarkan sebanyak itu." terang Seo Jae Gul

Namun, ada efek sampingnya: jika makanan dikirim terlalu cepat, tubuh tidak dapat menyerap makanan dengan baik, termasuk nutrisinya. Tzuyang pernah menceritakan di masa lalu bahwa dia tidak memiliki usus yang sehat, itulah sebabnya dia sering terlihat berlari ke kamar mandi sambil makan. Menurut Seo Jae Gul, ini bisa menjadi sinyal bahwa usus tidak menyerap nutrisi makanan dengan baik.

Baca juga: Mencukur Rambut di Area Lubang Pantat, Hingga Itu yang Belum Pernah Anda Dengar

Dia juga memberikan contoh tipe tubuh yang berbeda: pertama, dia berbicara tentang Kim Dong Eun, seorang pelatih kesehatan yang terkenal dengan mukbangnya. Tingginya sekitar 160 cm dan beratnya 52 kg, dan diketahui banyak makan tetapi berat badannya tidak bertambah.

undefined

Hal ini karena Kim Dong Eun banyak berolahraga. Karena dia memiliki banyak otot, tingkat metabolisme basalnya lebih tinggi daripada kebanyakan orang, yang menyebabkan berat badannya tidak bertambah banyak.

Contoh lain yang diangkat oleh Seo Jae Gul adalah Hyun Joo Yup, mantan pemain bola basket profesional dan sekarang menjadi tokoh televisi yang dikenal banyak makan. Tingginya 196 cm dan bertubuh besar, sehingga perutnya sudah membuncit. Inilah mengapa dia bisa makan begitu banyak makanan.

undefined

Meskipun dia bisa makan banyak, Seo Jae Gul mencatat bahwa Hyun Joo Yup adalah tipe orang yang akan cenderung gemuk, jika dia makan berlebihan karena tubuhnya menyerap makanan dan tidak mengirimkannya dengan cepat seperti Tzuyang. Dia juga tidak memiliki banyak otot seperti Kim Dong Eun.

Alasan lain orang menambah berat badan adalah karena mereka mengabaikan tanda-tanda peringatan yang dikirimkan tubuh mereka saat mereka kenyang.

"Tubuh memiliki 'saklar' yang menekan nafsu makan. Jika kita mengisi 60% hingga 70% perut Anda, tubuh kita perlu mengatakan, 'Kamu kenyang! Berhentilah makan.’ Ini disebut rasa kenyang. Saat itulah hormon Leptin keluar. Itu membuat Anda merasa kenyang. Butuh waktu sekitar 20 menit agar perut kenyang setelah makan, tapi kalau kita makan dalam 10 menit, kita tidak punya waktu untuk merasa kenyang. Makanan terus masuk." pungkas Seo Jae Gul.***