Helo Timor Leste

Jumlah Protein dalam Telur Tahukah Anda, Begini Penjelasan Terbarunya

Dodo Hawe - Ragam -> Kesehatan
Sabtu, 11 Nov 2023 05:30
    Bagikan  
TELOR
pixabay.com

TELOR - Protein dalam telor memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia

HELOTIMORLESTE.COM - Seorang dokter di Klinik Cleveland mengungkap rahasia untuk menikmati semua protein dalam telur, tanpa lemak jenuh dan kolesterol.

Selain itu, inilah mengapa telur bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh Anda.

Jika Anda termasuk orang yang memperhatikan asupan protein, Anda mungkin menganggap telur sebagai salah satu makanan yang sempurna, dan bukan hanya karena mudah dibawa bepergian.

"Telur dianggap sebagai salah satu dari 10 protein sempurna, yang berarti telur memberi Anda semua asam amino esensial, menjadikannya setara dengan daging dan ikan dalam kualitas protein," kata Julia Zumpano, ahli diet terdaftar di Institut Penyakit & Bedah Pencernaan Klinik Cleveland dilansir dari thehealthy.com.

Baca juga: Drone Dapat Perkuat Layanan Kesehatan Jarak Jauh di Timor Leste

Meskipun penting untuk mempertimbangkan lemak jenuh dan kolesterol dalam telur (kuning telur mengandung sekitar 200 miligram kolesterol), penelitian terbaru menunjukkan bahwa kolesterol tidak dianggap sebagai penyebab utama seperti dulu.

Pedoman Diet Amerika tahun 2015 - 2020 menghapuskan pedoman sebelumnya yang membatasi konsumsi kolesterol hingga 300 miligram per hari.

Saat ini, sebagian orang Amerika mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang apa itu lemak jenuh, serta apa itu kolesterol jahat.

Zumpano mengatakan telur berukuran besar mengandung, enam gram protein.

Baca juga: Untuk Kesehatan Mata Lupakan Wortel, Sebaiknya Konsumsi Anggur Tiap hari

Sedang beberapa telur mungkin mengandung tujuh gram protein, 75 kalori, lima gram lemak.

Telur juga merupakan sumber vitamin D, vitamin E, vitamin B6, kalsium, dan seng yang baik --beberapa nutrisi terpenting untuk memperkuat sistem kekebalan Anda, ditambah zat besi dan karotenoid.

Klinik Cleveland menyatakan protein harus memenuhi 10% hingga 35% dari asupan kalori harian seseorang, ini membantu perbaikan otot dan tulang, serta produksi hormon.

Mengenai apakah Anda sebaiknya mengonsumsi telur ayam kampung, organik, konvensional, atau lainnya, Zumpano mengatakan, dari segi protein, semuanya hampir sama.

Baca juga: Pekerja Alami Penurunan Kesehatan yang Mengkhawatirkan setelah Pulang ke Timor Leste

Namun jika Anda memikirkan vitamin D, dikatakan bahwa ayam kampung dan ayam lain yang mendapat lebih banyak sinar matahari menghasilkan telur yang mengandung lebih banyak vitamin D.

Dan jika Anda penasaran apakah menggoreng atau merebus mempengaruhi kandungan protein, Zumpano menambahkan, gaya memasak tidak mengubah protein.

Perhatikan saja jumlah garam yang Anda tambahkan, dan kandungan lemaknya jika Anda memasaknya dengan mentega atau minyak.

Disarankan untuk mengonsumsi tidak lebih dari satu butir telur setiap hari.

Baca juga: Bersihkan Bagian Belakang Telinga akan Bantu Jaga Kesehatan Kulit

Penderita kolesterol tinggi disarankan membatasi asupannya hingga empat butir telur per minggu.

Konon, putih telur yang tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuhnya bisa dikonsumsi lebih banyak.

Zumpano menambahkan mengacu pada pembalikan pedoman konsumsi kolesterol tahun 2015, mengklarifikasi bahwa kuning telur pernah salah dikaitkan dengan kolesterol darah tinggi.

Baca juga: Mengungkap Manfaat Kesehatan Tersembunyi Buah Melon yang Tidak Sombong

Sementara penelitian terbaru menunjukkan bahwa makanan kaya kolesterol tetapi rendah lemak jenuhnya dapat dimasukkan dalam diet seimbang.

Jika Anda ingin jantung sehat, putih telur bisa menjadi solusinya.

Putih telur tidak mengandung lemak jenuh dan setengah kalori, namun tetap mengandung seluruh protein.

Untuk tetap menikmati warna dan rasa tersebut, pecahkan satu kuning telur ke dalam putih telur dengan proporsi yang lebih besar.

Baca juga: Jongkok Ternyata Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Trik lain dari para ahli nutrisi adalah dengan memasukkan sedikit keju cottage ke dalam penggorengan untuk menambahkan sedikit protein dan volume yang mengesankan yang akan benar-benar mengenyangkan perut Anda.

Sedang bagi mereka yang alergi telur atau pantangan makanan tertentu, Zumpano menyarankan alternatif lain yakni:

Daging tanpa lemak, ikan, keju cottage, dan yogurt Yunani menawarkan protein berkualitas tinggi yang sebanding. **