Helo Timor Leste

Mengonsumsi terlalu Banyak Makanan Sehat ini Bisa Berbahaya, 7 Makanan yg Harus Diwaspadai

Satwika Rumeksa - Ragam -> Kesehatan
Minggu, 12 May 2024 20:32
    Bagikan  
Alpukat
Getty

Alpukat - Alpukat dan telur bisa bahaya

HELOTIMORLESTE.COM - Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa mengonsumsi makanan seperti kangkung, brokoli, dan telur akan mempercepat kesehatan Anda, seorang pakar nutrisi telah memperingatkan bahwa konsumsi berlebihan makanan-makanan ini dapat mengakibatkan beberapa efek samping negatif.

"Terkadang terlalu banyak hal baik dapat menimbulkan konsekuensi negatif. Kurangnya variasi dalam pola makan bisa berbahaya, bahkan jika makanan yang Anda makan dianggap sehat," kata Ashleigh Tosh dari Prepped Pots .

Mengkonsumsi nutrisi tertentu secara berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan, keracunan vitamin, dan bahkan penambahan berat badan yang tidak diinginkan.

Sebaliknya, Tosh mengatakan penting untuk memastikan makanan Anda mencakup campuran karbohidrat bertepung, protein, sayuran, buah-buahan, dan lemak sehat.

“Variasi ini penting untuk memastikan asupan nutrisi yang lengkap dan mencegah kebosanan dalam pola makan,” tambahnya.

Baca juga: Update Kompetisi Sepakbola Xanana Cup 2024, Berikut Jadwal Pertandingan dan Hasil Lengkap

Jadi tujuh makanan manakah yang harus Anda waspadai jika dikonsumsi berlebihan?

Telur
Meskipun telur mengandung protein tinggi, telur juga tinggi kolesterol, jelas Tosh, itulah sebabnya telur harus dikonsumsi dalam jumlah sedang.

“Makan telur dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol LDL (jahat) yang berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung,” tambahnya. “Bagi kebanyakan orang dewasa yang sehat, aman untuk makan satu hingga dua butir telur per hari.”

Alpukat
Alpukat adalah sumber lemak sehat yang baik, namun mengandung jumlah kalori yang lebih tinggi dibandingkan buah dan sayuran lainnya. Inilah sebabnya Tosh merekomendasikan makan alpukat dalam jumlah sedang karena konsumsi berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan yang tidak diinginkan.

Sebagai referensi, seperempat buah alpukat dianggap sebagai satu ukuran porsi.

Brokoli

Kangkung, brokoli, dan kubis Brussel
Brokoli, kubis Brussel, dan kangkung merupakan sayuran silangan yang merupakan sumber folat dan vitamin K, namun juga tinggi serat larut.

Baca juga: Bukti Marcelino Bukan Kaleng-kaleng, Ditelpon Cahill Dikasih Nasehat

Meskipun serat adalah nutrisi penting, dan orang Inggris membutuhkannya lebih banyak, Tosh mengatakan jumlah serat yang berlebihan dapat menyebabkan produksi gas berlebih dan menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan.

“Mereka juga mengandung tiosianat yang dapat mengganggu kemampuan tubuh menyerap yodium,” tambahnya.

Produk berprotein
“Produk protein seperti bedak, batangan, dan minuman kocok sangat populer di kalangan penggemar kebugaran untuk pembentukan dan pemulihan otot,” jelas Tosh.

Suplemen protein dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan sembelit dan dehidrasi serta membebani ginjal. Kebanyakan orang dewasa yang sehat dapat mentolerir konsumsi 2 gram protein per kg berat badan per hari.

Artinya, untuk orang dengan berat badan 70kg, mereka sebaiknya mengonsumsi tidak lebih dari 140g protein per hari. Ituasupan protein rata-rata untuk orang dewasa Inggrissaat ini 76g per hari.

Tuna
Ikan berlemak seperti tuna mengandung merkuri tingkat tinggi, kata Tosh, yang dapat menyebabkan beberapa dampak buruk bagi kesehatan.

“Wanita hamil dan anak kecil sangat terkena dampak hal ini sehingga mereka harus membatasi asupan makanan laut yang mengandung merkuri tidak lebih dari dua kali seminggu,” tambahnya.

Kacang

Kacang polong
“Kacang juga tinggi serat sehingga memakannya terlalu sering dapat menyebabkan sembelit, gas, dan kembung,” kata Tosh.

“Jika Anda tidak terbiasa makan banyak serat maka yang terbaik adalah perlahan-lahan tingkatkan jumlah yang Anda konsumsi dan minum banyak air untuk melawan efek negatifnya.”

Kacang Brasil
Kacang Brazil mengandung selenium tingkat tinggi, yang bisa menjadi racun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Tosh menambahkan: "Asupan maksimum selenium yang aman untuk orang dewasa adalah sekitar 300 mikrogram/hari yang berarti hanya empat hingga lima kacang Brasil."**