Helo Timor Leste

Minum Vitamin C Berlebihan Bisa Sebabkan Gagal Ginjal, Simak Penanggulangannya

Satwika Rumeksa - Ragam -> Kesehatan
Minggu, 21 Jul 2024 11:18
    Bagikan  
Vitamin C
Istimewa

Vitamin C - Vit C berlebih merusak ginjal

HELOTIMORLESTE.COM - Hati-hati saat mengonsumsi vitamin C! Seorang dokter menceritakan sebuah kasus yang mengatakan bahwa seorang wanita mengonsumsi vitamin C setiap hari dan suatu hari tiba-tiba mengalami gagal ginjal akut dan harus dirawat di rumah sakit untuk perawatan.

Dokter juga menjelaskan penyebab penyakit wanita tersebut dan mengajarkan 4 cara melindungi ginjalnya yang dapat membantu membalikkan gagal ginjal, termasuk dengan minum kopi.

Dokter mengungkap alasan wanita tersebut mengalami gagal ginjal setelah mengonsumsi vitamin C
Ahli nefrologi Jiang Shoushan mengatakan dalam program "Panggilan Terlambat Sehat" bahwa wanita tersebut meminum tablet vitamin C yang larut dalam air setiap hari untuk memutihkan kulitnya dan menjaga kesehatannya.

Akibatnya, suatu hari dua tahun kemudian, dia tiba-tiba menjadi tidak mampu buang air kecil. Setelah berobat, ia didiagnosis menderita penyakit ginjal akut. Kegagalan tersebut kemudian dipastikan sebagai nefropati asam oksalat yang disebabkan oleh asupan vitamin C berlebihan.

Jiang Shoushan juga menjelaskan penyebab penyakit yang diderita pasien wanita tersebut, dengan mengatakan bahwa ia menderita penyakit ginjal kronis stadium III dan fungsi ginjalnya tersisa sekitar 50% hingga 60%, namun kondisinya masih dalam kendali.

Baca juga: Mengonsumsi Vitamin D Dosis Tinggi Selama Satu Bulan Pria Inggris Meninggal

Namun, dia kemudian mengonsumsi 2.000 mg vitamin C setiap hari. Kelebihan vitamin C dimetabolisme di tubuhnya dan menghasilkan asam oksalat dalam jumlah besar, yang membebani ginjalnya dan menyebabkan gagal ginjal dua tahun kemudian.

Bagaimana cara mencegah penyakit ginjal atau gagal ginjal? Dr Jiang Shoushan mengatakan ada 4 metode utama yang dapat mengurangi beban pada ginjal dan bahkan membalikkan gagal ginjal:

- Minum lebih banyak air
Mengonsumsi cukup air setiap hari dapat menurunkan konsentrasi racun dalam urin, mengurangi kerusakan pada ginjal, serta mencegah penyakit kardiovaskular dan ginjal.

Asupan air harian yang dianjurkan untuk wanita adalah 2500 ml, dan untuk pria 3000 ml.

- Mengurangi racun ginjal
Jika Anda mengonsumsi obat pereda nyeri, sebaiknya jangan mengonsumsi obat lain karena ginjal memerlukan waktu lama untuk memproses racun dari obat tersebut. Jika Anda sembarangan mengonsumsi obat, hal ini dapat menambah beban pada ginjal.

- Mengontrol tekanan darah, gula darah, dan lipid darah
Jika Anda mengonsumsi obat pereda nyeri, sebaiknya jangan mengonsumsi obat lain karena ginjal memerlukan waktu lama untuk memproses racun dari obat tersebut. Jika Anda sembarangan mengonsumsi obat, hal ini dapat menambah beban pada ginjal.

- Minum kopi
Kopi dapat menurunkan proteinuria dan menurunkan risiko gagal ginjal. Kopi merupakan minuman rendah fosfor dan rendah kalium, sehingga penderita uremik pun bisa meminumnya. Minum kopi 2 cangkir sehari dapat menjaga kesehatan ginjal.

Dr Jiang Shoushan juga menunjukkan bahwa penelitian telah menemukan bahwa ekstrak kurkumin dan melatonin bermanfaat bagi kesehatan ginjal. Ia pernah memiliki pasien penyakit ginjal berusia 90 tahun yang merasa tidak nyaman dengan cuci darah, sehingga ia beralih mengonsumsi kurkumin (kunyit). Hasilnya, ginjalnya berangsur-angsur menjadi lebih sehat, dan frekuensi cuci darah berangsur-angsur berubah dari tiga kali sehari menjadi tidak kebutuhan dialisis.**