Helo Timor Leste

Ingin Kerja di Dunia Penerbangan Ikuti Seleksi Beasiswa dari ANTL dan FDCH untuk Anak Muda Timor Leste

Dodo Hawe - Nasional
Jumat, 23 Jun 2023 17:15
    Bagikan  
PENERBANGAN
instagran @taruna_ppicurug

PENERBANGAN - Ilustrasi beasiswa perbangan untuk pelajar Timor Leste

HELOTIMORLESTE.COM - Kebutuhan pilot pesawat terbang, mekanik pesawat hingga sekitar dunia penerbangan baik regional maupun internasional masih memliliki peluang terbuka luas.

Kali ini pemerintah Timor Leste melalui program khusus akan menyeleksi sebanyak 10 anak-anak muda lulusan Timor Leste untuk beasiswa dalam dunia penerbangan.

Sebagai persyaratan untuk penermima beasiswa harus warga negara Timor Leste berusia tidak lebih 20 tahun dan lulusan muda Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Teknik Professional (STP) tahun akademik 2021/2022).

Pelaksananaan pendidikan ini nantinya selama tiga tahun atau setingkat Diploma 3 (D3), dengan bidang pendidikan meliputi Electrical Techniques, Airport Cipil Engineering, Air Navigation dan Airport Firefighting.

Baca juga: Inilah Dua Pilot Pesawat Komersial Wanita Pertama di Timor Leste asal District Oecusse

Sepululuh lulusan terbaik juga akan diberikan kesempatan melanjutkan studi di dua institusi pendidikan di Indonesia di Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya dan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI).

Beasiswa ini merupakan kerjasama Pemerintah Timor Leste melalui Administrasi Navigasi Udara Timor Leste (ANTL-potugis) bekerjasama dengan Dana Pengembangan Sumberdaya Manusia (FDCH-portugis).

Ketua Dewan ANTL, José Trindade da Cruz Pinto seperti dilansir kantor berita Tatoli mengungkapkan beasiswa merupakan program tahunan pemerintah Timor Leste.

Baca juga: Layang-layang Nyangkut di Sayap Pesawat, Pilot Garuda 114 Terpaksa kembali ke Apron

Namun kalau biasanya jumlah penerimaah beasiswa ini diperuntukkan hanya 6 orang saja, untuk tahun ini kuotanya ditambah menjadi 10 orang peserta.

Mengingat rencana dan program yang bagus di bidang spesifik menurut kebutuhan kerja, untuk jumlahnya diperbanyak.

Anggaran untuk biaya pendidikan ini menurut Jose Pinto FDCH mengucurkan dana lebih dari $81.000 untuk anak-anak muda lulusan Timor Leste. **