Helo Timor Leste

Pandangan Thailand Terhadap Timor Leste Terkait Kerjasama Selama ini

Rabu, 26 Jun 2024 10:00
    Bagikan  
Thailand
Istimewa

Thailand - Ilustrasi

Helotimorleste- Hubungan antara Thailand dan Republik Demokratik Timor-Leste dimulai dengan hubungan diplomatik pada 20 Mei 2002. Kedutaan Besar Kerajaan Thailand di Dili dibuka pada 28 Oktober 2002.

Beberapa kunjungan penting telah terjadi, termasuk kerja sama teknis melalui Office for International Development Cooperation (OPA). Thailand memberikan bantuan teknis kepada Timor sejak tahun 2003, dengan fokus pada bidang pertanian, kesehatan masyarakat, dan energi.

Selain itu Thailand juga telah menjalin kerjasama di bidang energi, antara Kementerian Energi dan Kementerian Perminyakan dan Sumber Daya Mineral Timor, serta perusahaan minyak nasional Timor seperti PTT Public Company Limited dan Timor GAP

Namun sayangnya perdagangan antara Thailand dan Timor masih terbatas. Pasar Timor relatif kecil, dan sektor usahanya tidak besar. Produk ekspor Timor seperti kopi, daging kelapa untuk produksi minyak, dan marmer bukanlah produk yang banyak dibutuhkan oleh Thailand.

Produk yang diekspor dari Thailand ke Timor meliputi mobil, peralatan dan komponen mobil, gula, jagung, buah-buahan kalengan olahan, produk karet, dan minyak sulingan. Sementara itu, produk yang diimpor oleh Thailand dari Timor meliputi mesin dan komponen, tekstil, peralatan rumah tangga, pakaian jadi, sepatu, serta peralatan lainnya.

Investasi antara Thailand dan Timor belum signifikan. Tidak ada investasi dari orang Timor di Thailand, namun sektor swasta Thailand telah berinvestasi dalam bisnis jasa di Timor, seperti restoran dan spa.

Namun, menurut Thansettakij potensi investasi Thailand ke Timor Leste masih bisa ditingkatkan terutama terkait konstruksi dan utilitas umum dasar.***