Helo Timor Leste

Pemerintahan Baru Timor Leste Pimpinan Xanana Gusmao Akan Melaksanakan Sejumlah Program Penting ini

Dodo Hawe - Nasional
Selasa, 18 Jul 2023 14:14
    Bagikan  
PEMAPARAN PROGRAM
Xanana ba Ema Hotu/facebook

PEMAPARAN PROGRAM - PM Xanana Gusmao saat sidang paripurna Parlemen Nasional Timor Leste di Dili, Selasa (18/7/2023)

HELOTIMORLESTE.COM - Pemerintahan Timor Leste di bawah kepemimpinan PM Kay Rala Xanana Gusmao akan mengembangkan bidang ekonomi dalam negeri, sehingga mengurangi impor produk dari luar negeri.

"Saatnya kita ingin memberikan kesempatan kepada rakyat," kata Xanana Gusmao dalam sidang paripurna di Gedung Parlemen Nasional, seperti dilansir kantor berita Tatoli, Selasa (18/7/2023).

Lebih lanjut Xanana menjelaskan jika pemerintah harus mengembangkan beragam ekonomi, mulai dari dasar seperti pertanian, perikanan, peternakan hingga pariwisata.

Baca juga: PM Xanana Bertemu Dubes Portugal, Persiapkan Kunjungan PM Portugal ke Dili

Bahkan investasi industri dan perusahaan bisa dikembangkan sehingga dapat mengurangi impor jasa dan produk dari luar negeri.

Pengembangan ekonomi rakyat di pedesaan rupanya juga menjadi perhatian penting bagi pemerintahan ini.

Bahkan Xanana juga berjanji akan meluaskan sektorn pertanian dari dalam negeri yang dapat meningkatkan pendapatan ekonomi rakyat khususnya di wilayah pedesaan.

"Pemerintahan ke-IX akan memperluas sektor pertanian, dengan meningkatkan praktek penanaman dan produktivitas petani, mengembangkan cara dalam memperbaiki produksi budaya pertanian yang spesifik dan sistematis di masing-masing wilayah di negara ini," jelas Xanana di hadapan anggota Parelemen Nasional.

Baca juga: Foto PM Xanana dan Presiden Naik Kendaraan Umum, Meramaiakn Sosmed Timor Leste

Untuk itu, guna mengurangi impor daging dari luar negeri pemerintah akan menambah produksi hewan hingga 20 persen pada tahun 2028.

"Hal ini bertujuan untuk mengurangi impor prduk daging dari luar negeri," paparnya.

Selanjutnya pemerinhatan baru juga akan berinvestasi dalam mendorong usaha para nelayan untuk melaksanakan kegiatan nelayan secara berkelanjutan. **