Helo Timor Leste

Survei Geofisika Sudah Terlaksana, Menyusul Survei Geoteknik di Ladang Gas Lepas Pantai Timor Leste

Satwika Rumeksa - Nasional
Sabtu, 30 Mar 2024 18:42
    Bagikan  
Pengeboran Minyak
Istimewa

Pengeboran Minyak - Ilustrasi pengeboran minyak

HELOTIMORLESTE.COM - Survei pertama dilakukan, yang kedua dilakukan di ladang gas di lepas pantai Timor-LesteMeskipun terdapat penundaan terutama karena kondisi cuaca, Baron Oil yang berbasis di Inggris telah menyelesaikan survei geofisika di lokasi pengeboran yang direncanakan untuk sumur penilaian Chuditch-2 di lepas pantai Timor-Leste dan saat ini sedang bersiap untuk memulai survei geoteknik.

Seperti yang diumumkan oleh Baron Oil pada bulan Februari, anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya, SundaGas Banda Unipessoal, telah memulai operasi untuk survei di lokasi pengeboran yang direncanakan untuk sumur penilaian Chuditch-2 berdasarkan kontrak bagi hasil (PSC) TL-SO-19-16 lepas pantai Timor-Leste.

Survei geofisika, yang dilaksanakan pada bulan Februari dan Maret, mengalami beberapa penundaan operasional, terutama terkait dengan kondisi cuaca, dan hasilnya telah dimasukkan ke dalam perencanaan survei geoteknik, perusahaan melaporkan.

Kapal yang bertanggung jawab atas survei lokasi geoteknik terlambat mencapai Laut Timor, lagi-lagi karena kondisi cuaca buruk, dan kini bersiap untuk bergerak ke wilayah survei Chuditch.

Baca juga: Baron Oil  Setujui Pengembangan untuk PSC Ladang Minyak Chuditch di Lepas Pantai Timor Leste

Pekerjaan geoteknik diharapkan selesai bulan depan dan hasilnya akan dipublikasikan setelah pekerjaan survei lokasi selesai.

Pekerjaan survei lokasi dimaksudkan untuk mengidentifikasi potensi bahaya di lokasi sumur yang diusulkan, memastikan bahwa rig pengeboran dapat ditempatkan dengan aman dan dengan dampak lingkungan yang minimal, sehingga pengeboran dapat dimulai pada akhir tahun 2024.

Hal ini mencakup studi geofisika, yang terdiri dari penelitian jarak jauh. penyelidikan dasar laut, dan pekerjaan geoteknik, yang terdiri dari studi fisik dasar laut, yang dilakukan dengan menggunakan dua kapal terpisah.

PSC Chuditch mencakup area seluas sekitar 3.571 km2, dengan kedalaman air 50-100 meter. Terletak sekitar 185 kilometer sebelah selatan Timor-Leste, 100 kilometer sebelah timur ladang produksi Bayu-Undan, dan 50 kilometer sebelah selatan potensi pengembangan Greater Sunrise, ladang ini berisi penemuan gas Chuditch-1 yang dibor oleh Shell pada tahun 1998.

Baca juga: Sepuluh Destinasi Wisata di Timor Leste yang Layak Anda Kunjungi Jika Anda Sedang Berada di Negara ini

SundaGas Banda Unipessoal adalah operator dan pemegang 60% saham Chuditch PSC, sedangkan 40% sisanya dipegang oleh anak perusahaan perusahaan minyak negara Timor-Leste, Timor Gap, yang kepentingannya dibawa oleh Banda ke pengembangan.

Pada bulan Februari, SundaGas menjual sebagian kepemilikannya di ladang gas tersebut kepada Timor Gap Chuditch Unipessoal, yang merupakan mitra usaha patungannya dan merupakan anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Timor Gap.

Sebelumnya, keduanya telah terlebih dahulu menandatangani nota kesepahaman (MoU) pada akhir Januari lalu untuk mengalihkan tambahan 15% hak partisipasi ke Celah Timor di Chuditch PSC, yang dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian penjualan 15% tersebut. bunga yang tidak dioperasikan mungkin.**