Helo Timor Leste

Seperti ini Jadwal Kunjungan Paus Fransiskus ke Timor Leste 9-11 September 2024 Mendatang

Dodo Hawe - Nasional
Sabtu, 13 Apr 2024 20:47
    Bagikan  
MISA
Xanana ba Ema Hotu/ facebook/ istimewa

MISA - Pemerintah Timor Leste terus melakukan persiapan terkait rencana kunjungan Paus Fransiskus Agustus 2024, akan digelar misa di Tasi Tolu, Timor Leste.

HELOTIMORLESTE.COM - Recana kunjungan pastoral, Paus Fransiskus ke Timor Leste sudah mendapat kepastian dari Vatikan yang akan berlangsung pada 9 hingga 11 September 2024 mendatang.

"Kami senang bisa mengumumkan kunjungan Paus ke Timor-Leste yang disampaikkan Santa Se (Vatikan) melalui Nunsiatur Apostolik pada 09 sampai 11 september 2024," ujar Sekretaris Eksekutif CET, Pastor Carlos Miguel Pereira Roben dengan bahasa portugis dan Pastor Guilhermino da Silva, Wakil Koordinator Tim Gereja di CET.

Dilansir kantor berita Tatoli, kinjungan ini akan menjadi kunjungan kenegaraan pertama Paus ke Timor-Leste sejak restorasi kemerdekaan negara ini pada 2002.

Baca juga: Paus Francis Dipastikan Kunjungi Timor Leste 9-11 September 2024, Setelah PNG

Dan kunjungan kedua setelah Mendiang Paus Paulus Yohanes II yang mengunjungi Timor pada masa kependudukan Indonesia pada 12 Oktober 1989.

Menurut Pastor Carlos Miguel Pereira Roben, ini merupakan kunjungan bersejarah Paus Fransiskus bagi umat nasrani Timor-Leste yang percaya pada Yesus.

Rencana kunjungan ini sudah ditetapkan sejak 2021 tetapi karena pandemi tidak bisa direalisasikan, dan hari ini dengan kasih Paus, maka tim dari Pemerintah dan Gereja telah mempersiapkan bersama Nunsiatur untuk menjamin kunjungan yang baik bagi Paus.

Baca juga: Paus Fransiskus Mendadak Batal Pimpin Paskah

Presiden Republik, Perdana Menteri dan tim dari Pemerintah Timor-Leste telah berkolaborasi dan bekerjasama untuk memfasilitasi kunjungan ini agar berjalan dengan baik.

"Meminta pada semua nasrani di Timor-Leste untuk bersama menanti kedatangan Paus Fransiskus untuk menyiapkan diri dengan doa agar kunjungan ini bisa memperbarui iman para nasrani," ungkapnya.

Sebelum ke Timor Leste, Paus Fransiskus diketahui juga akan melakukan Kunjungan Pastoral ke Indonesia pada 3 – 6 September 2024.

Indonesia akan menjadi negara pertama dalam rangkaian kunjungan Paus Fransiskus ke kawasan Asia Pasifik, yang diikuti kunjungan ke Papua Nugini, Timor-Leste dan Singapura.

Baca juga: Selain ke Timor Leste Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia, Singapura dan Papua Nugini Akhir Agustus 2024

Pada 28 februari 2024, Pemerintah Timor-Leste juga telah memutuskan untuk menyiapkan dana sebesar $12 juta untuk penyambutan Paus Fransiskus tahun ini.

Sebelumnya, Perwakilan Kedutaan Besar Vatikan di Timor-Leste Monsinyur Marco Sprizzi mengatakan, kedatangan Paus Fransiskus ke Timor-Leste, merupakan kunjungan pastoral.

Uskup Agung Dili, Dom Virgílio Kardinal do Carmo da Silva mengatakan Gereja Katolik di Timor-Leste akan menyiapkan pembinaan secara spritual bagi nasrani Timor-Leste sebagai bagian dari penyambutan kedatangan Paus Fransiskus.

Baca juga: Di Timor Leste Paus Fransiskus Akan Mengunjungi Lokasi ini, Vatikan Telah Mengirim Desain Pangung

Tempat-tempat yang akan dikunjungi oleh Paus Fransiskus selama berada di Timor-Leste, salah satunya adalah tempat Nunsiatur Apostolik di Motael sebagai tempat tinggal.

"Nunsiatur sebagai rumah bag Paus inya di Timor-Leste, Beliau akan tinggal disana," ungkap Uskup Agung Dili, Dom Virgílio Kardinal.

Tempat yang akan dikunjungi juga adalah Gereja Catedral Imaculada da Conceição Dili yang akan digunakan sebagai tempat untuk bertemu dengan para iman gereja mulai dari Uskup, Pastor, Suster dan yang lainnya.

Baca juga: Utusan Vatikan: Persiapan Kedatangan Paus di Timor Leste Luar Biasa

Pusat Konvensi Dili atau Centro Convenções Dili (CCD) akan disiapkan sebagai tempat untuk pertemuan Paus dengan perwakilan Kaum Muda Katolik dari seluruh teritori.

Kemudian Tasitolu menjadi tempat dipilih sebagai lokasi diadakan misa bersama sebelum Paus meningalkan Timor-Leste. **