Helo Timor Leste

Begini Reaksi Para Komandan Satuan PNTL Ketika Mendapat Bantuan Mobil Dinas Pajero Sport

Dodo Hawe - Nasional
Kamis, 18 Apr 2024 18:27
    Bagikan  
FOTO BERSAMA
PNTL

FOTO BERSAMA - Usai penyerahan kendaraan dinas para komandan satuan tugas Komando PNTL melaksanakan foto bersama, terlihat kendaraan Pajero Sport di belakang mereka, Kamis (18/4/2024).

HELOTIMORLESTE.COM - Para komandan dari 12 Komando satuan tugas Komando Kepolisian Nasional Timor Leste (PNTL) terlihat berbinar-binar ketika mengikuti upacara penyerahan sejumlah kendaraan dinas roda empat kepada mereka.

Kendaraan diberikan untuk membantu kelancaran tugas dan tanggungjawabnya mereka dalam melayani masyarakat Timor Leste, di lingkungan PNTL.

Dalam kesempatan itu PNTL mendistribusikan sebanyak 20 kendaraan diberikan kepada 12 Komando Kota, RAEOA , Komando Pengawas, dan Satuan UPM, UPF, dan UEP untuk memperlancar kerja para Komandan.

Inspektur Kepala Komando Administrasi Natercia Martins mengatakan kendaraan baru ini dibeli dengan total anggaran yang telah disahkan sebesar USD $2.000.000 untuk membeli kendaran roda empat sebanyak 47 unit.

Baca juga: Peternak Ikan Timor Leste Terima Bantuan Keuangan Dari Perintah, Seperti ini Manfaatnya

Namun pada tahap pertama disalurkan sebanyak 27 unit Toyota Rush, kemudian 23 unit pick up, dan satu unit truk kepada untuk Direktorat Komando Umum, Kepala Komando Umum, Kabinet Komando Umum, Pusat Transit Nasional, Pusat Transit Kota Dili.

Kemudian pada tahap ini, disalurkan 20 unit kendaraan Pajero Sport yang dibagikan kepada Komandan Kota di 12 distrik dan RAEOA, Komando Pengawas (Direktorat Operasi Administratif dan Keadilan dan Disiplin) serta Komandan Satuan UPM, UPF, dan UEP.

Upacara penyerahan dan upacara keagamaan sebelum kendaraan diserahkan dilakukan di halaman CFP Dili Comoro, Kamis (18/4/2024).

Baca juga: Kedubes China dan PNTL Bahas Secara Khusus Masalah Kemanan untuk Pengusaha China di Timor Leste

Setelah pendistribusian kendaraan tersebut, Komando Administratif akan melakukan pemeriksaan rutin terhadap kendaraan tersebut.

"Kami sedang mempersiapkan sistem kendali kendaraan untuk bahan bakar, pemeliharaan, dan perbaikan, yang akan dikontrol secara digital oleh PNTL," ujar Natercia Martins dalam siaran persnya, Kamis (18/4/2024).

Untuk memastikan penggunaan dan perawatan kendaraan dengan benar, Komando menginstruksikan Departemen Administrasi, Logistik, Transportasi, dan Pemeliharaan untuk memberikan pelatihan kepada para pengemudi kendaraan.

Baca juga: Pemerintah Timor Leste Serahkan Dua Kapal Patroli kepada PNTL-UPM Dili

Komando PNTL akan terus mengidentifikasi bidang-bidang yang memerlukan dukungan, seperti transportasi.

"Kami akan mempertimbangkan untuk mencari dukungan tambahan dalam bentuk transportasi jika masuk dalam anggaran yang telah disahkan, jika tidak, kami harus mempersiapkan APBN 2025 nanti," kata Komandan.

Baca juga: Pemuda Timor Leste Selundupkan Minuman Energi Krating Daeng ke Kota Dili, Empat Orang Berurusan dengan PNTL

Upacara diakhiri dengan penandatanganan akta penyerahan oleh Komandan Camshaft Administrasi dan Kepala Inspektur Polisi Kota Dili, Orlando Gomes, Komandan Camshaft Kota Mantuto dan Inspektur Polisi Umbelina Soares, Komandan UPM, UPF dan UEP, setelah penyerahan dokumen oleh Pangdam, dilanjutkan oleh Panglima II dan Inspektur Kepala dengan restu dari Pastor Abril Lopes, pendeta PNTL.

Dalam upacara penyerahan tersebut dihadiri oleh Komandan Kedua, Komisaris Polisi Pedro Belo, Komandan Kota, Komandan Satuan, Kepala Departemen, Kepala Staf, Perwira Senior, Perwira Muda, Sersan, dan Agen Polisi. **