Helo Timor Leste

Lapangan Tenis Wimbledon Punya Radar Cuaca Seharga Jutaan Pounds, Namun Perangkat Berharganya Hanya Rp100 Ribu

Satwika Rumeksa - Olahraga
Rabu, 12 Jul 2023 16:52
    Bagikan  
Wimbledon
Istimewa

Wimbledon - Lapangan tenis Wimbledon

HELOTIMORLESTE.COM - Wimbledon memiliki perangkat radar cuaca bernilai jutaan pound — tetapi alatnya yang paling berharga adalah baki air seharga £5 (Rp100 ribu)  yang dijaga oleh seekor bebek bernama John QuackEnroe.

Ahli meteorologi papan atas memantau awan hujan yang mendekat dari jarak satu jam untuk mengetahui dengan tepat kapan harus membatalkan permainan dan menutupi lapangan.

Teknologi radar sangat akurat sehingga mereka dapat memprediksi bagian mana dari tanah yang akan ditangkap oleh hujan hingga jarak 100m terdekat.

Namun perangkat tim yang paling berguna adalah bak berisi air di atas gedung di tempat itu.

Bertengger di samping adalah bebek karet dengan topi bajak laut - dinamai sesuai nama juara tiga kali John McEnroe.

Baca juga: UFO Pernah Diteliti CIA, Diduga Melintas di Pasuruan Baru-baru Ini

Webcam mengalirkan video bak mandi ke tim cuaca Wimbledon sehingga mereka dapat melihat apakah hujan turun di permukaan.

Bak air

Paul Abeille, dari radar olahraga Météo-France, menjelaskan bahwa mereka juga dapat melihat seberapa besar tetesan dari siaran langsung.

Dia menambahkan: “Radar itu mungkin bernilai miliaran euro dan embernya mungkin £5 dengan bebek karet. Itu hanya ember dan mereka melihatnya dan mereka pergi, pasti hujan.

“Ini adalah perpaduan antara teknologi tinggi dan teknologi rendah dari radar, tetapi ember itu sangat penting. Kami memasang radar resolusi tinggi ini beberapa kilometer dari sini dan radar ini dapat memberikan gambar dengan resolusi 100m dengan ukuran setiap menit.

Baca juga: Komandan Kapal Selam Rusia Ditembak Mati saat Lari Pagi

“Umumnya radar akan digunakan untuk jarak 250 km tapi kami menggunakannya untuk jarak 60 km.” Pada suatu hari di minggu pertama Wimbledon, hujan berlangsung selama empat menit dan radar berarti lapangan dapat tercakup dalam waktu kurang dari dua menit — menghemat waktu bermain yang berharga.

Abby Smith dari Met Office mengatakan bahwa hujan petir diperkirakan hari ini dan untuk final di akhir pekan.**