Helo Timor Leste

Piala Dunia Wanita 2023: Jepang Hancurkan Zambia 5-0

Satwika Rumeksa - Olahraga
Minggu, 23 Jul 2023 12:43
    Bagikan  
Japan
Istimewa

Japan - Tim Jepang lumat Zambia 5 gol tanpa balas

HELOTIMORLESTE.COM - Jepang memulai kampanye Piala Dunia Wanita FIFA mereka dengan awal yang sempurna dengan kemenangan dominan melawan debutan Zambia.

Dua gol Hinata Miyazawa dipisahkan oleh serangan Mina Tanaka sebelum Jun Endo menambahkan gol keempat.

Kiper Zambia Catherine Musonda mendapat kartu kuning kedua karena kebobolan penalti di Hamilton, Selandia Baru.

Penggantinya Eunice Sakala menggagalkan penalti Riko Ueki tetapi diputuskan keluar dari garisnya dan striker Jepang mencetak gol kedua.

Jepang naik ke puncak Grup C, di atas Spanyol karena selisih gol.

Baca juga: Piala Dunia Wanita 2023: Pemain Pengganti Denmark Tentukan Kemenangan 1-0 atas China di Menit ke-90

Tendangan penalti tim asuhan Futoshi Ikeda berarti telah ada penalti yang diberikan di semua tujuh pertandingan turnamen tahun ini sejauh ini - tetapi hanya tiga yang berhasil dikonversi.

Aoba Fujino adalah ancaman utama Nadeshiko sejak awal, memaksa Musonda melakukan penyelamatan ujung jari dengan upaya jarak dekat sebelum melepaskan tembakan dari jarak 25 yard dua menit kemudian.

Zambia mendapatkan yang pertama dari beberapa penyelamat setelah 20 menit ketika Video Assistant Referee (VAR) turun tangan untuk mengesampingkan gol Mina Tanaki karena offside setelah penyerang Jepang bereaksi cepat terhadap ketidakmampuan Copper Queens untuk membersihkan garis mereka dari tendangan bebas Endo yang mengayun.

Jepang akhirnya membuat terobosan tepat sebelum jeda ketika Miyazawa berlari ke pengiriman Fujino di depan gawang dan melewati Musonda dengan penyelesaian kaki kanan yang tenang.

VAR menjadi pusat perhatian lagi di awal babak kedua yang sibuk, ketika gol keduanya dari permainan Tanaki dianulir karena offside dan penalti Jepang dicabut segera setelah itu ketika Fujino - yang dihancurkan di dalam kotak oleh Musonda - dinilai offside tipis dalam build-up.

Baca juga: Piala Dunia Wanita 2023: Inggris Menang Tipis atas Haiti 1-0

Ini adalah keberuntungan ketiga kalinya bagi Tanaki, bagaimanapun, saat dia meluncur masuk untuk mencapai umpan silang Endo dan mengarahkannya ke gawang Zambia untuk menggandakan keunggulan Jepang pada menit ke-55.

Miyazawa kemudian mencetak gol keduanya tak lama kemudian dengan tap-in yang mudah dan Endo menambahkan gol keempat pada menit ke-71.

Pada menit ketujuh waktu tambahan, Musonda bergegas keluar dan menjatuhkan Ueki di dalam kotak penalti, mendapatkan kartu kuning kedua dan memberi Jepang hadiah penalti.

Kiper pengganti Sakala, yang melakukan debut internasionalnya, menggagalkan upaya pertama tetapi dianggap telah melenceng dari garisnya oleh VAR ketika sepakannya membentur mistar dan Ueki tidak membuat kesalahan dengan upaya keduanya untuk mencetak gol kelima timnya.**