Helo Timor Leste

Piala Dunia Wanita 2023: Belanda Hadapi Spanyol di 8 Besar Setelah Sikat Afsel 2-0

Satwika Rumeksa - Olahraga
Minggu, 6 Aug 2023 22:25
    Bagikan  
Belanda
FIFA

Belanda - Tim Belanda maju ke 8 besar setelah singkirkan Afsel 2-0

HELOTIMORLESTE.COM - Manajer Belanda Andries Jonker mengatakan timnya datang ke Piala Dunia Wanita "dengan keyakinan bahwa kami bisa mengalahkan semua orang" setelah mengamankan tempat perempat final melawan Spanyol.

Belanda terpaksa bertahan beberapa saat cemas sebelum mengalahkan Afrika Selatan dan membukukan tempat di delapan besar.

Mereka harus menghadapi Spanyol tanpa gelandang berpengalaman Danielle van de Donk, yang mendapat kartu kuning kedua dari turnamen dan diskors.

Mantan pemain Arsenal Van de Donk, pemenang Liga Champions dengan klub saat ini Lyon, menangis saat mengetahui dia akan melewatkan perempat final setelah memulai semua 15 pertandingan Piala Dunia dalam sejarah Belanda.

"Kami memiliki keyakinan ini, ini bukan pertandingan terakhir untuk Danielle. Sangat mengecewakan dia mendapat kartu kuning tapi kami tidak bisa mengubahnya," kata Jonker.

Baca juga: Piala Dunia Wanita 2023: Swedia Singkirkan AS 5-4 untuk Hadapi Jepang di 8 Besar

"Danielle memiliki kualitas yang sangat spesifik yang benar-benar kami butuhkan dan kami akan kehilangan kualitas itu.

"Tapi kami punya banyak gelandang bagus lainnya dan itulah yang perlu kami latih selama beberapa hari ke depan."

Jill Roord, penandatanganan rekor klub baru Manchester City, membuat Belanda unggul tetapi Afrika Selatan nyaris menyamakan kedudukan beberapa kali melawan runner-up 2019.

Banyana Banyana kapten Thembi Kgatlana sekali lagi benar-benar segelintir dan memaksa empat penyelamatan bagus dari Daphne van Domselaar, kiper baru Aston Villa, di depan 40.233 penonton di Stadion Sepak Bola Sydney.

Lineth Beerensteyn menggandakan keunggulan setelah kesalahan kiper Afrika Selatan Kaylin Swart di babak kedua.

Belanda akan kembali ke Selandia Baru untuk menghadapi Spanyol di Wellington pada hari Jumat pukul 02:00 BST untuk memperebutkan satu tempat di semifinal.

Belanda adalah dua kemenangan dari mencapai final berturut-turut setelah awal kilat lainnya untuk pertandingan di turnamen ini.

Baca juga: Timor Leste Berupaya Meraih Pendapatan Baru Penyimpanan Karbon

Sundulan awal Roord, setelah Lieke Martens digagalkan oleh sapuan di luar garis, adalah yang keenam kalinya mereka mencetak gol dalam waktu 20 menit.

Gol kedua mereka adalah hadiah, Swart membiarkan tembakan yang tampaknya rutin oleh Beerensteyn yang dipanggil kembali lolos dari genggamannya dan masuk ke gawang.

Itu adalah momen yang mengerikan bagi sang kiper, tetapi itu membuat Belanda meraih kemenangan ketiga mereka di turnamen tersebut setelah penampilan penjaga gawang yang luar biasa oleh Van Domselaar.

"Daphne menyelamatkan kami beberapa kali dan saya senang memimpin 1-0 di babak pertama," tambah Jonker.

"Tetapi bagian dari diri saya yang menginginkan sepak bola hebat tidak puas dengan babak pertama, di mana kami terlalu banyak kehilangan bola."

Belanda memiliki Piala Dunia yang nyaris sempurna sejauh ini dan hanya gagal meraih kemenangan atas juara dunia empat kali Amerika Serikat oleh gol penyeimbang Lindsey Horan.

Jonker, mantan asisten Louis van Gaal di Bayern Munich dan Barcelona, ditugasi melangkah lebih jauh dari Piala Dunia sebelumnya, ketika tim Sarina Wiegman dikalahkan 2-0 oleh AS di Prancis.**