Helo Timor Leste

Selebrasi Awal Membuat Atlet Korsel Kehilangan Medali Emas dan Masuk Wajib Militer

Satwika Rumeksa - Olahraga
Rabu, 4 Oct 2023 11:46
    Bagikan  
Selebrasi Dini
Yonhap/Reuters

Selebrasi Dini - Selebrasi Jung atlet Korsel terlalu dini mengirimnya ke wajib militer

HELOTIMORLESTE.COM - Selebrasi kemenangan yang terlalu dini membuat Korea Selatan kehilangan medali emas di Asian Games dan berarti bahwa anggota tim sekarang harus menyelesaikan setidaknya 18 bulan wajib militer.

Di Korea Selatan, wajib hukumnya bagi pria berusia antara 18 dan 28 tahun untuk ikut serta dalam wajib militer, namun ada pengecualian untuk kemenangan di Olimpiade atau Asian Games.

Dispensasi ini tampaknya akan diberlakukan ketika Jung Cheol-won memimpin di lintasan terakhir estafet sepatu roda 3.000 meter sebelum ia melakukan kesalahan fatal dengan melambatkan langkahnya sesaat sebelum finis untuk mengangkat kedua tangannya untuk selebrasi.

Baca juga: Ditemukan Kamera Tersembunyi di Toilet Mahasiswi FK Unikal, Aliansi Mahasiswa Geruduk Rektorat

Jung jelas tidak menyadari bahwa Huang Yu-Lin dari Taiwan mendekat dengan cepat dan, ketika mereka melewati garis bersama, awalnya tidak jelas siapa yang menang.

Sistem pencatatan waktu yang terkomputerisasi akhirnya memastikan bahwa Taiwan meraih emas dengan selisih 0,01 detik. 

Jung berusia 27 tahun dan rekan setimnya, Choi In-ho, baru berusia 23 tahun, yang berarti bahwa ia sekarang juga diwajibkan untuk mengikuti wajib militer yang akan berlangsung selama 18 hingga 21 bulan.

"Saya membuat kesalahan yang cukup besar," kata Jung. "Saya tidak datang dengan kecepatan penuh ke garis finish. Saya lengah terlalu dini. Saya sangat menyesal."

Baca juga: Rhodium Logam 10 Kali Lebih Berharga Daripada Emas

Huang, yang telah didiskualifikasi dalam nomor 1.000 meter, sempat ragu-ragu apakah ia akan berkompetisi di nomor estafet hingga sesaat sebelum perlombaan.

Ia juga awalnya tidak menyangka bahwa ia telah menyalip Jung.

"Saya terus berkata pada diri sendiri bahwa saya tidak ingin berkompetisi hari ini, tetapi kemudian saya melihat kembali beberapa postingan lama di media sosial untuk menyemangati diri sendiri," katanya.

"Saya pikir sayang sekali bahwa saya hanya sedikit kurang, dan kemudian hasilnya muncul di layar yang menunjukkan bahwa kami menang dengan selisih seperseratus detik, dan itu adalah sebuah keajaiban."

Namun, ada berita yang lebih baik bagi pegolf terbaik Korea Selatan.

Baca juga: AKB Bintoro: Ditemukan Bangku untuk Panjatan, Bocah SD Itu Sengaja Melompat dari Gedung Sekolah

Kim Si-woo, yang menduduki peringkat 27 dunia, dan Im Sung-jae, yang menduduki peringkat 40, membantu negara mereka meraih medali emas Asian Games atas Thailand yang berada di posisi kedua.

Ini berarti bahwa mereka berdua sekarang dibebaskan dari masa wajib militer.

Striker Tottenham Hotspur Son Heung-min juga dibebaskan dari hukuman 18 hingga 21 bulan penuh setelah membantu Korea Selatan meraih kemenangan di Asian Games 2018, tetapi menyelesaikan periode yang jauh lebih singkat ketika Liga Premier ditangguhkan selama pandemi Covid-19.

"Tiga minggu itu sulit tetapi itu adalah pengalaman yang bagus... Saya menikmatinya," kata Son.**