Helo Timor Leste

Mobil Listrik Berisiko Menjadi Tidak Dapat Diasuransikan

Satwika Rumeksa - Teknologi -> Otomotif
Sabtu, 21 Oct 2023 14:03
    Bagikan  
Mahal Listrik
Nathan Laine/Bloomberg

Mahal Listrik - Perawatan mobil listrik lebih mahal

HELOTIMORLESTE.COM - Mobil listrik berisiko menjadi tidak dapat diasuransikan secara efektif karena para analis kesulitan untuk menentukan harga perbaikan baterai, kata seorang peneliti industri asuransi mobil.

Jonathan Hewett, kepala eksekutif Thatcham Research, pusat penelitian otomotif perusahaan asuransi motor, mengatakan kurangnya "wawasan dan pemahaman" tentang biaya perbaikan baterai mobil listrik yang rusak mendorong kenaikan premi dan mengakibatkan beberapa penyedia layanan asuransi menolak untuk memberikan perlindungan sama sekali.

Mobil listrik bisa sangat mahal untuk diperbaiki, dengan biaya perbaikan rata-rata seperempat lebih mahal daripada kendaraan bensin atau diesel. Para ahli sebelumnya telah memperingatkan bahwa kendaraan listrik akan dihapuskan setelah mengalami kerusakan kecil karena biaya dan kerumitan dalam memperbaiki baterainya.

Baca juga: Lupita Nyongo`o Berpisah dari Pacarnya Selema Masekela

Mr Hewett mengatakan: "Tantangannya adalah kita tidak memiliki cara untuk memahami apakah baterai telah dikompromikan atau rusak dengan cara apa pun.

"Ancaman pelarian termal berarti bahwa kebakaran besar dapat terjadi jika sel-sel baterai telah rusak dalam tabrakan.

"Apa yang kami kesulitan untuk pahami saat ini adalah bagaimana kami melakukan pendekatan terhadap teknik diagnostik tersebut.

"Ini seperti seorang dokter yang mencoba memahami apa yang salah dengan Anda tanpa catatan atau rontgen."

John Lewis Financial Services berhenti menyediakan asuransi mobil untuk mobil listrik bulan lalu untuk pelanggan baru dan yang sudah ada, setelah penjamin emisi, Covéa, menganalisis risiko dan biaya.

Aviva menghapus produk asuransi untuk Tesla Model Y awal tahun ini sebelum mengembalikannya beberapa bulan kemudian.

Baca juga: Biden: Hamas Serang Israel untuk Hentikan Arab Saudi Akui Negara Yahudi

Biaya perbaikan kendaraan naik 33% selama kuartal pertama tahun 2023 dibandingkan dengan tahun 2022, membantu mendorong premi tahunan ke rekor tertinggi, menurut Asosiasi Perusahaan Asuransi Inggris.

Biaya asuransi mobil listrik rata-rata naik 72% pada tahun ini hingga September, dibandingkan dengan 29% untuk model bensin dan diesel, menurut Confused.com.

Hewett mengatakan bahwa premi pada akhirnya akan mulai menyamai dan menyamai premi mobil bensin dan diesel setelah aktuaris memiliki alat yang diperlukan untuk lebih memahami risiko mengasuransikan mobil listrik, dengan mengatakan bahwa masalah ini kemungkinan akan menjadi "jangka pendek".

Namun, ia menambahkan: "Baterai adalah komponen yang sangat mahal dari kendaraan listrik dan sampai kita menemukan cara yang efisien untuk menanganinya, kita memiliki tantangan premi yang tinggi untuk kendaraan listrik, yang tidak diinginkan oleh siapa pun."

Baca juga: Putra Mahkota Pangeran Salman Bertemu Presiden Timor Leste di Sela-sela KTT GCC-ASEAN

Beberapa pelanggan sekarang dikutip lebih dari £100 seminggu untuk mengasuransikan kendaraan listrik mereka, dengan yang lain melaporkan premi dua kali lipat atau tiga kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Salah satu alasan yang dikaitkan dengan kenaikan tajam dalam biaya perbaikan mobil listrik berasal dari rekomendasi untuk mobil listrik untuk disimpan sejauh 50 kaki di tempat perbaikan karena kekhawatiran mereka akan meledak.

Pedoman pemerintah menyarankan kendaraan listrik dengan baterai yang rusak harus "dikarantina" dari mobil lain karena risiko kebakaran baterai, yang biasanya lebih sulit dipadamkan daripada kebakaran pada mobil bensin atau diesel.

Pemadam Kebakaran London telah memperingatkan bahwa kebakaran yang melibatkan baterai lithium adalah risiko kebakaran yang paling cepat berkembang di London, setelah terjadi 87 kebakaran sepeda listrik dan 29 kebakaran skuter listrik pada tahun 2022.

Baca juga: Polisi Padang Menilang Pelajar SMP 14 Tahun yang Bonceng Dua Adiknya Siswa SD ke Sekolah Tanpa Helm

Operator transportasi Paris menarik 149 bus listrik dari operasinya tahun lalu setelah dua bus listrik terbakar dalam kejadian terpisah.

Situs web Tesla-Fire.com mencantumkan 25 laporan tentang Tesla yang terbakar secara global sejak awal 2023.

Thatcham Research mengatakan perusahaan asuransi perlu mengeluarkan tambahan £900 juta per tahun untuk fasilitas karantina untuk mobil yang rusak sebagai akibat dari langkah-langkah keamanan pada tahun 2035, karena lebih banyak kendaraan bertenaga baterai turun ke jalan, dengan perubahan yang diperkirakan akan menambah £20 per tahun ke semua premi asuransi mobil.

Anggota parlemen dari Partai Konservatif Greg Smith, yang duduk di komite transportasi Commons, mengatakan: "[Kurangnya diagnosa baterai] adalah alasan lain mengapa kendaraan listrik belum cocok untuk pasar massal dan mengapa kita harus mencari teknologi lain, seperti bahan bakar sintetis dan hidrogen, yang akan lebih dapat diandalkan dan ramah terhadap planet ini."**