Helo Timor Leste

Kisah Nyata Kuburan EV Cina Itu Bukan Seperti yang Diberitahukan kepada Anda

Satwika Rumeksa - Ekonomi
Selasa, 15 Aug 2023 22:27
    Bagikan  
Kuburan EV
Inside China Auto

Kuburan EV - Ribuan EV mangkrak di China

HELOTIMORLESTE.COM - Anda mungkin pernah melihat video yang beredar di internet tentang ladang yang penuh dengan EV yang seharusnya tidak terjual di China sekarang.

Mereka diklaim melakukan segala macam hal, mulai dari hasil penipuan subsidi EV China hingga bukti bahwa EV tidak dijual. Tetapi meskipun situs tersebut memang kuburan mobil — sebagian besar, bagaimanapun juga — itu adalah tempat peristirahatan terakhir dari industri selain manufaktur mobil.

Bidang mobil dieksplorasi oleh Inside China Auto di YouTube, yang menerjemahkan tanda pada mobil untuk menjelaskan asal-usulnya. Situs ini konon berisi hingga 10.000 EV baru yang belum terjual, karena alasan yang diuraikan di atas.

Namun, melihat lebih dekat mengungkapkan yang sebaliknya menjadi kenyataan: Ini bukan EV baru, dan jumlahnya hanya ratusan. Sebagian besar berusia lima hingga enam tahun dan telah melihat penggunaan yang signifikan, dengan aksesori aftermarket, sampah di interiornya, dan tanda-tanda keausan lainnya. Itu karena Anda sedang melihat armada mobil rideshare pensiunan yang pernah dioperasikan di kota-kota besar di China.

Baca juga: Inilah Bocoran Konsep Free Trade Zone Indonesia di Perbatasan Timor Leste yang Digagas Gubernur NTT

Cara Inside China Auto menceritakannya, ada gelembung berbagi e-bike pada tahun 2016 yang dengan cepat ditiru oleh layanan yang menawarkan persewaan EV jarak pendek. Tapi seperti di Amerika Serikat, usaha ini kesulitan, karena jauh lebih mahal untuk memulai dan memelihara daripada berbagi sepeda.

Biaya itu diteruskan ke pelanggan, yang tampaknya bisa menyewa sepeda, naik kereta bawah tanah, atau bahkan naik taksi dengan harga kurang dari biaya berbagi tumpangan ini. Terlebih lagi, menyewa EV seringkali lebih lambat daripada alternatif ini.

Mereka juga meninggalkan Anda untuk memarkir mobil di akhir perjalanan Anda, baik di warung yang tidak nyaman atau di tempat berbayar.

Pada akhirnya, kegagalan bisnis ini dan kemajuan pesat industri otomotif China telah membuat ratusan bahkan ribuan EV jarak pendek terpukul, yang sebagian besar nilainya lebih buruk daripada EV China baru yang murah.

Konon, mereka bukan satu-satunya penghuni tempat itu. Pandangan yang lebih luas mengungkapkan bahwa mobil bekas rideshare juga berbagi ruang dengan taksi pensiunan, mobil rusak, dan beberapa EV baru yang tidak terdaftar dari merek asing (yang memang sedang berjuang untuk menjual).**