Helo Timor Leste

Terjun ke Laut dari KM Aceh Hebat 2, Nelayan Berhasil Selamatkan Haji Armah setelah 17 Jam Berenang di Laut

Senin, 21 Aug 2023 20:44
    Bagikan  
DITEMUKAN SELAMAT 17 JAM BERENANG DI LAUT
istimewa

DITEMUKAN SELAMAT 17 JAM BERENANG DI LAUT - Perempuan ini bernama Haji Amrah, 38, nekat terjun dari KM Aceh Hebat 2, berenang 17 jam, akhirnya ditemukan oleh nelayan di Pulo Nasi, Aceh Besar, 19 Agustus 2023.

HELOTIMORLESTE.COM - Sungguh dramatis, seorang perempuan yang nekat terjun ke laut dari KM Aceh Hebat 2, setelah 17 jam berenang di laut berhasil ditemukan dalam kondisi selamat, Sabtu 19 Agustus 2023.

Setelah memperoleh informasi atas kejadian perempuan mencebutkan diri ke laut, petugas SAR Kota Banda Aceh juga sudah menuju ke titik lokasi untuk melakukan pencarian.

Ternyata seorang nelayan berhasil menyelamatan perempuan itu Sabtu, 19 Agustus 2023 sore, dalam kondisi selamat..

Wanita tersebut adalah penumpang Kapal Motor Penyeberangan atau KMP Aceh Hebat 2 yang berlayar dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh menuju Balohan, Sabang.

Baca juga: Beli Rangka eSAF Honda Beat, Scoopy yang Baru Mahal, Garansi Pendek, Auto Ambrol Dompet

Informasi wanita penumpang KMP Aceh Hebat 2 yang melompat ke laut dan ditemukan selamat ini beredar cepat di berbagai media sosial, termasuk foto salah satu wanita ini yang sedang makan di atas perahu nelayan itu pun viral.

Perempuan yang melompat dari Kapal Aceh Hebat tujuan Sabang ditemukan selamat di Perairan Pulo Aceh. Identitas wanita itu diketahui berdasarkan KTP yang ditemukan di saku celananya.

Baca juga: Tujuh Hari Hilang, Kakek Gede Sudana 80 Tahun Ditemukan Meninggal di Jurang Sedalam 6 Meter di Buleleng

"Namanya Haji Armah (38) asal desa Kute Riyem, Linge, Aceh Tengah," kata Kepala BASARNAS Banda Aceh Al Hussain kepada wartawan, Minggu 20 Agustrus 2023, seperti diwartakan detik.com.

Nelayan menemukan Armah di perairan Pulo Nasi, kecamatan Pulo Aceh, Aceh Besar. Sementara tas yang dipakainya disebut ditemukan di perairan Pulo Breueh, kecamatan Pulo Aceh.

Baca juga: Lampu Berbahan Air Laut, Cocok untuk Timor Leste

Tim gabungan disebut menemukan:

  • identitas
  • tiket kapal
  • tiket bus
  • sejumlah uang serta
  • selembar surat tulis tangan dalam keadaan basah.

Baca juga: Kapsul Tidur Berdiri Hadir di kafe Tokyo,Hilangkan Rasa Lelah dan Stres

Usai ditemukan, Armah dievakuasi ke Banda Aceh untuk dibawa ke Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin Banda Aceh.

"Korban Alhamdulillah kondisi cukup baik, cuma ada rasa sakit di bahunya. Korban masih sulit diajak bicara" jelasnya.

Menurutnya, korban ditemukan nelayan dalam keadaan sadar. Dia  berenang di laut hingga ditemukan sekitar pukul 10.00 WIB.

"Untuk korban hanya mengandalkan berenang tidak menggunakan apapun (alat bantu)," jelasnya.

Baca juga: ChatGPT dan AI Bahasa Lainnya Bodoh, Tidak Ada Artinya Tanpa Manusia

Persitiwa ini terjadi Sabtu 19 Agustus 2023, dan berhasil direkam oleh CCTV kapal, saat itu perempuyan tersebut berdiri dipembatas aman kapal.

Dia cukup lama memandangi laut, di sebelah kirinya ada beberapa orang sedang bercakap, cakap. Tiba-tiba perempuan itu memanjat pagar pembatas langsung menceburkan dir ke laut.

Pria yang berada di sebelahnya tampak terbengong-bengong menyaksikan adegan itu, akan tetapi tubuh si perempuan tampak sebentar lalu amblas ditelan air.

Seperti diwartakan Rakyat Aceh, perempuan tersebut memiliki ciri – ciri memakai tas ransel hitam, mengenakan jilbab hitam dan baju-putih.

Baca juga: Pratama Arhan Menikahi Azizah Salsha Putri Politisi Gerindra, Mas Kawin dan Erick Thohir

Saat melompat ke laut terekam kamera CCTV KMP Aceh Hebat 2, kapal di posisi kapal lintang : 05° 43′ 6″ N / bujur : 095° 20′ 4″ E.

Begitu memperoleh informasi, kapten kapal segera melakukan upaya pencarian dengan cara memutar balik ke posisi jatuhnya korban. Namun korban belum ditemukan.

Saat dikimtai konfirmasi, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhannya ( KSOP) Kelas IV Malahayati dan Kantor KSOP Kelas IV Sabang melakukan koordinasi terkait kejadian tersebut.

Baca juga: Dokumen Rahasia: Partai Buruh Whitlam Terlibat Kasus Kejahatan di Timor Leste

Selanjutkan untuk berkoordinasi dengan SROP Ulee Lheue dan SROP Sabang menyiarkan ke kapal- kapal yang melintas di selat Benggala dan sekitarnya.

Petugas SAR Kota Banda Aceh juga sudah menuju ke titik lokasi untuk melakukan pencarian. ***