Helo Timor Leste

Kisah Haru Dua Keluarga Diperbatasan Indonesia-Timor Leste, Hanya Bisa Mandang Dibatasi Portal

Dodo Hawe - Nasional -> Peristiwa
Jumat, 23 Feb 2024 15:10
    Bagikan  
KAKAK ADIK
Tangkapan layar

KAKAK ADIK - Suasana pertemuan kakak beradik WNI dan WNTL diperbatasan Timor Leste-Indonesia berlangsung haru

HELOINDONESIA.COM - Pertemuan dua keluarga kakak beradik warga Indonesia dan warga Timor Leste benar-benar membuat haru bagi netizen.

Peristiwa itu beredar di akun instagram @unikinfold dua kakak beradik itu keduanya memilih jalan yang berbeda saat Timor Leste berpisah dengan Indonesia.

Salah satu dari mereka memilih menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan yang satunya menjadi Warga Negara Timor Leste (WNTL), keduanya pun kini sama-sama berkeluarga.

Baca juga: Rumah Sakit Portugis Melakukan Transplantasi Hati Robotik Pertama di Eropa

Terpisah jarak antara Indonesia dan Timor Leste yang kini sudah berbeda negara, dan mengadakan pertemuan di perbatasan berlangsung dramatis.

Dipisahkan oleh portal pembatas, kakak beradik yang sudah lama tak saling bertemu itu hanya bisa menatap sambil menangisi satu sama lain, diiringi pengawalan oleh aparat keamanan kedua negara.

Pertemuan kakak beradik yang berlangsung haru itu viral di media sosial usai diunggah akun @unikfold Rabu (21/2/2024).

Baca juga: Bukan Magang, Ini Alasan Jokowi Melantik AHY Sebagai Menteri ATR/BPN

Dilansir poskupang.com, dalam video tersebut terlihat dua keluarga yang saling bertemu di perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste.

Namun sayang pertemuan dua keluarga yang harusnya berjalan dengan bahagia itu justru dibanjiri air mata.

Pasalnya meski sudah memendam rindu yang begitu mendalam, kakak beradik tersebut hanya bisa saling menatap.

Meski keduanya hanya berjarak satu meter, mereka tak bisa saling berpelukan, saling memegangi tangan, hanya bisa saling pandang karena dihadang aturan kewarganegaraan.

Baca juga: Xina no UNICEF Kontinua nia Projetu ho Valor US$1,5 juta ba Timor-Leste.

Dengan dihalangi oleh portal yang menjadi pembatas antara Indonesia dan Timor Leste, kedua keluarga kakak beradik itu saling bercengkrama.

Sementara anggota keluarga lainnya yang tak kuasa menahan haru hanya bisa menangis di belakangnya.

Kakak beradik tersebut tak bisa saling memeluk lantaran peraturan kedua negara yang mengharuskan mereka memiliki paspor jika ingin saling berkunjung.

Baca juga: Mendagri Kamboja Nyatakan Niatnya Perluas Kerjasama dengan Timor Leste

Alhasil walau sudah berada di depan mata, kedua keluarga tersebut hanya bisa saling menatap dan berbicara dari kejauhan dengan diawasi secara ketat oleh aparat yang berjaga dari kedua negara.

Setelah pertemuan selesai, kakak beradik itu pun saling melambaikan tangan hingga ikut membuat sejumlah warganet merasa haru.

Baca juga: Dibalik Kemilau Prestasi Didit Hediprasetyo, Ada Misi Mulia Tak Terbayangkan, Terigu Studio

“ratihsuzanna : Berasa korut & korsel,”

“hari_almujabawiy : Selamat jalan saudara sebangsa tapi bukan senegara,”

“ella10741 : Kok ga pelukan tanggung bgt lo itu pst mrk menahan rindu yg begitu berat,

"andridwipranata_ : Kenapa hrus berpisah? Kenapa kita tidak bersatu dalam suatu negeri, kami tidak jahat kami tidak menjajah tanah kalian tapi petinggi kami terlalu seraka sampai hak milik kalian ingin dirampas, jgn berpisah kita saudara,” tulisnya.

“rita_asmara_ : Menyedihkan jika kita mengalami seperti itu. Dan mereka kebanyakan hidup susah dan keras..Di Timor Leste bnyk org hidup susah... begitu pun mereka yg memilih Indonesia hidup bnyk yg memprihatinkan.” **