Helo Timor Leste

Loodik Surga Tersembunyi di Perbatasan Timor Leste

Satwika Rumeksa - Ragam
Senin, 26 Jun 2023 14:10
    Bagikan  
Pantai Loodik
PosKupang

Pantai Loodik - Pantai indah dengan deretan pinus yang jarang ditemui

HELOTIMORLESTE.COM - Keindahan alam di Nusa Tenggara Timur (NTT) tak kalah menarik dibanding destinasi wisata lain di Indonesia.

Selain ada Labuan Bajo di Pulau Flores dan Nihiwatu di Pulau Sumba yang sudah menjadi destinasi wisata internasional, sejumlah kawasan lain juga memiliki keindahan tersendiri.

Pantai Loodik berada di Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste ( RI - RDTL ) juga punya magnet tersendiri.

Terletak pada sisi timur pantai selatan, Tapal Batas Gerbang menuju Negara Tetangga Timor Leste. Destinasi wisata ini menjadi salah satu pantai favorit pengunjung yang berlibur di Betun Malaka.

Namun sayangnya, pemerintah belum menaruh perhatian pada pantai ini. Pantai Loodik masih dikelola dengan sederhana oleh masyarakat setempat.

Karenanya asilitas yang disediakan juga masih terbatas, namun masyarakat setempat berupaya untuk membuat fasilitas di pantai tersebut memadai.

Baca juga: Warga Lamongan Pasang Spanduk Peringatkan Pemilik Tuyul, Polisi Sebut Laporkan ke Kami Saja

Pantai dengan Hutan Pinus

Hamparan pasir kecoklatan yang membentang luas dipadu dengan barisan pinus dan pandan pantai yang mendandani bibir pantainya, membuat pantai di kabupaten Malaka begitu memikat.

Akan sangat cocok dijadikan tujuan berlibur bersama teman atau keluarga.

Indah

Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai sambil berjalan-jalan menyusuri tepi pantai atau dengan pembatasan di pinggir Pantai Loodik.

Generasi millenial tertarik ke Pantai ini karena pantainya sangat indah dan banyak hal menarik lain yang bisa nikmati di sana.

Baca juga: Begini Komentar Gali Freitas, Terkait Laga Perdananya Bersama PSIS Semarang

Pesona pantai Loodik semakin memikat ketika tangan-tangan kreatif dari komunitas Zero Lo’odik (Zero L) mendandaninya dengan aneka fasilitas penunjang.‎ Salah satunya fasilitas untuk berfoto.

Mulai dari lopo, perpustakaan, tempat duduk, ayunan, pagar hias hingga menyediakan peralatan panggang dan kayu bakar bagi pengunjung yang ingin bakar ikan.

Inilah pesona pantai Lo’odik yang menghipnotis. Tak kurang dari 300 pengujung datang ke sini setiap akhir pekan.‎ Mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua yang letih bekerja selama semingguan.

Akses ke Lokasi Pantai

Akses jalan menuju pantai Loodik sangat baik. Dari kota Betun, ibu kota kabupaten Malaka, anda hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk mencapai pantai ini.

Baca juga: Sekarang Cari Kerja Tidak Seperti Dulu Lagi, Berikut Tips Mencali Kerja di Era Digital

Akses jalan dari kota Betun hingga desa Litamali pun sudah hotmix.

Di sepanjang jalan menuju pantai ini, hamparan persawahan dan perkebunan jagung milik masyarakat akan menemani perjalanan Anda.

Sesampainya di desa Litamali, Anda harus berbelok ke arah kanan menyusuri jalan rabat beton.

Kurang lebih sekitar 1 Km sebelum mencapai pantai Loodik, Anda akan disuguhi barisan pohon angsono yang berderet rapi.

Barisan pohon angsono ini menjadi salah satu spot foto yang menarik untuk mengabadikan moment Anda saat mengunjungi pantai Lo’odik.**