Helo Timor Leste

Sindir Kedatangan Paus Francis ke Portugal, Bordalo II Gelar Karpet Bergambar Euro Senilai Rp 10 Juta

Ugu - Ragam
Sabtu, 29 Jul 2023 13:37
    Bagikan  
SINDIR BIAYA BESAR KEDATANGAN PAUS FRANCIS
tangkap layar video@b0dalo_ii

SINDIR BIAYA BESAR KEDATANGAN PAUS FRANCIS - Seniman jalanan Bordalo II menggelar karpet bergambar uang euro senilai Rp 10 juta di undakan lokasi acara pertemuan peringatan hari Pemuda Katolik Sedunia yang akan dilaksanakan di Lisbon, Portugal, 2-6 Agustu 2023.

HELOTIMORLESTE.COM - Seniman jalanan terkenal Portugal, Bordalo II, telah masuk ke tempat Lisbon di mana Paus Francis akan merayakan misa minggu depan dan menggelar karpet besar berisi uang kertas besar untuk mengkritik berapa banyak yang telah dihabiskan negara untuk acara tersebut.

Paus Fransiskus akan melakukan perjalanan ke Lisbon dari 2-6 Agustus 2023, untuk menghadiri pertemuan global Hari Pemuda Katolik sedunia, yang diperkirakan akan mempertemukan ratusan ribu peziarah.

Bordalo II, yang dikenal dengan karya seni politiknya yang sering dibuat dari sampah, berbagi gambar dan video karpet, menampilkan uang kertas 500 euro (S$734,45) setara dengan Rp 10 juta yang sangat besar, diluncurkan menuruni tangga tempat tersebut pada Kamis, 27 Juli 2023, sebagai protes dia digambarkan sebagai "jalan malu". 

Baca juga: Viral Sensus ODGJ, Bertemu Gadis Cantik Masa Kini Tidak Mengenakan Pakaian Dalaman


"Pada saat banyak orang berjuang untuk mempertahankan rumah, pekerjaan, dan martabat mereka, jutaan dana publik telah diinvestasikan untuk mensponsori tur (kepausan)," tulis seniman bernama asli Artur Bordalo itu di Instagram. 

Perkiraan resmi pada bulan Januari menunjukkan bahwa acara tersebut akan menelan biaya 161 juta euro, yang harus dibayar oleh pemerintah, Gereja Katolik, dewan kota Lisbon dan Loures terdekat.

Baca juga: Polisi Bongkar Sindikat Pembobol IMEI, 178.000 Unit Ponsel Akan Dimatikan Negara Rugi Rp 353 Miliar

Sejumlah tokoh masyarakat dan politisi telah mengkritik negara Portugis karena bagiannya dari pengeluaran, yang pemerintah berikan sebesar 30 juta euro pada bulan Januari, karena jutaan orang Portugis menghadapi inflasi yang melonjak.

Awal tahun ini, kritik keras memaksa dewan kota Lisbon untuk memotong rencana pengeluaran untuk altar bagi Fransiskus untuk merayakan misa menjadi 2,9 juta euro dari lebih dari 5 juta euro.

Baca juga: Bertunangan 19 Tahun Michele Yeoh Akhirnya Menikah dengan Jean Todt

Ditanya tentang karpet Bordalo II, Walikota Lisbon Carlos Moedas mengatakan kepada wartawan bahwa artis tersebut menggunakan suaranya untuk mengungkapkan keprihatinannya dan protes semacam itu normal untuk acara ini. ***