Helo Timor Leste

Menlu Timor Leste Bendito dos Santos Freitas Hadiri Upacara Bendera Kemerdekaan RI di Dili

Ugu - Ragam
Kamis, 17 Aug 2023 22:16
    Bagikan  
MENTERI LUA NEGERI TIMOR LESTE DAN MENLU RI-
kemlu.go.id

MENTERI LUA NEGERI TIMOR LESTE DAN MENLU RI- - Menlu Timor Leste, Bendito dos Santos Freitas bersalaman dengan Menlu Indonesia Retno Marsudi.

HELOTIMORLESTE.COM - Sebanyak 500 orang WNI turut serta mengikuti upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaaan RI di Dili, Timor Leste, Kamis 17 Agustus 2023.

Antusiasme WNI menyebabkan duta besar Indonesia untuk Timor Leste, Okto Dorinus Manik memberikan apresiasi dan terima kasih yang besar kepada WNI yang tinggal di Timor Leste.

“Saya terharu melihat mereka dari berbagai komponen pekerjaan yang berbeda-beda hadir meskipun ini kan hari kerja sebenarnya ya, tapi mereka siap meluangkan waktu untuk ikut upacara,” kata Okto, seperti diwartakan antaranews.com.

Baca juga: Pecahkan Rekor Dunia, Bendera Merah Putih 75 X 50 Meter Membentang di Puncak Grasberg Papua



Mereka dengan penuh semangat datang mengikuti upcara tujuhbelas Agustus itu , mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Mereka terdiri dari berbagai profesi, mulai pegawai BUMN, pengusaha, hingga pekerja Indonesia yang bermukim di Dili, sangat antusiastis mengikuti upacara tersebut.

Baca juga: Chord, Lirik dan Arti Rungkad yang Viral Dinyanyikan Putri Ariani, Dipopulerkan oleh Happy Asmara



Upacara dilasksanakan selama satu jam,  dimulai dengan pengibaran bendera pada pukul 09.00 waktu setempat dan dipimpin oleh Atase Pertahanan KBRI Dili, kolonel Yunianus Simamora.

Selesai acara upcara bendera,  KBRI Dili menggelar ramah tamah bersama seluruh WNI yang juga dihadiri Menteri Luar Negeri Timor Leste Bendito dos Santos Freitas.

Baca juga: Timor Leste Akan Mengirimkan Staf ke Jakarta untuk Dilatih Sebelum Menjadi Anggota Penuh ASEAN



“Setelah upacara selesai saya sampaikan kepada WNI yang hadir untuk tetap menjaga kebersamaan dan persatuan di antara komponen masyarakat di sini,” kata Okto.

Okto mengatakan sejak pertengahan Juli, KBRI Dili telah menggelar berbagai lomba dalam rangka peringatan hari kemerdekaan.

Baca juga: Xanana: Tanpa Resolusi Konflik Myanmar, Timor Leste tak akan Masuk ke Blok ASEAN


“Kita kemarin juga ada tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan Seroja, mungkin kalau di negara lain tidak ada karena di luar negeri yang ada taman makam pahlawan hanya Timor Leste,” kata Okto.

Upacara penurunan bendera di KBRI Dili akan digelar pukul 16.30 waktu setempat dan dipimpin oleh Atase Kepolisian Kombes Pol Mikel da Costa. ***