Helo Timor Leste

Ingin Awet Muda? Ubahlah Kebiasaan Mandi Anda

Satwika Rumeksa - Ragam
Selasa, 28 Nov 2023 20:26
    Bagikan  
Mandi
Pexels.com

Mandi - Awet muda dengan air dingin

HELOTIMORLESTE.COM - Menurut seorang spesialis anti-penuaan, penyesuaian kecil pada rutinitas mandi Anda dapat mengurangi keriput, peradangan, dan tingkat stres sekaligus meningkatkan kualitas tidur - dan tidak harus dilakukan setiap hari.

Tidakkah Anda bersedia untuk mencoba tindakan sederhana, meskipun sedikit tidak menyenangkan, jika itu berarti terlihat lebih muda, mencegah peradangan, mengurangi tingkat stres (yang saat ini tinggi bagi kita semua), dan meningkatkan kualitas tidur?

Poonam Desai, seorang ahli pengobatan anti-penuaan dan umur panjang, mengubah kebiasaan mandi Anda, meskipun tidak setiap hari, dapat membuahkan hasil.

Dr. Desai menegaskan bahwa mandi air dingin memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Kami memahami bahwa hal ini bisa jadi sulit, terutama pada hari-hari yang membeku, tetapi tidak perlu mengubah setiap kali mandi menjadi mandi es.

Dr. Desai merekomendasikan hanya 11 menit dalam seminggu untuk terpapar air dingin, yang dapat meningkatkan kolagen, mengurangi keriput, menurunkan tingkat stres, mengurangi peradangan, dan bahkan meningkatkan kualitas tidur.

Baca juga: Penyelundupan BBM Jalan Tikus di Perbatasan Indonesia - Timor Leste, Sepertinya Terus Terjadi, Selisih Harga Penyebabnya

Dalam sebuah video Instagram, ia menjelaskan manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dengan membagi paparan mingguan menjadi tiga sesi yang masing-masing terdiri dari dua hingga tiga menit untuk menghindari terlalu banyak tekanan pada tubuh.

Dr. Desai menemukan bahwa metode ini dapat membantu mencegah penuaan wajah. Dia mengatakan bahwa cara ini membantu mengurangi keriput dan meningkatkan elastisitas kulit, dan menutup video dengan mendorong pemirsa untuk memasukkan paparan dingin ke dalam rutinitas mereka. Penting untuk dicatat bahwa Desai menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba rutinitas baru ini, terutama jika Anda sedang hamil.

Desai bukan satu-satunya yang mendukung pendapat ini. Dokter TV terkemuka Michael Mosley setuju bahwa mandi air dingin dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Musik Rock China Menarik Perhatian Publik Amerika, Guyub Rukun Dalam Musik

Sebagai contoh, para peneliti menemukan bahwa perenang yang berenang di air dingin lebih jarang mengalami infeksi saluran pernapasan atas, yang menunjukkan bahwa air dingin yang mereka gunakan untuk berenang lebih berpengaruh dibandingkan aktivitas berenang itu sendiri.

Meskipun para ilmuwan masih dalam tahap awal mengungkap manfaat sistem kekebalan tubuh dari air dingin, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mandi air dingin selama 30 detik setiap pagi selama 60 hari dapat mengurangi jumlah hari sakit hingga 30 persen.**