Helo Timor Leste

Waspadai Modus Penipuan Mengaku Teman Lama dan Cara Menghindari

Ugu - Ragam
Minggu, 11 Feb 2024 08:29
    Bagikan  
Penipuan
Istimewa

Penipuan - Ilustrasi

HELOTIMORLESTE.COM -

Apakah kamu pernah mendapat telepon atau pesan dari seseorang yang mengaku sebagai teman lama, tapi kamu tidak ingat siapa dia? atau kamu mengenalnya tapi ada sesuatu yang aneh, seperti no telepon baru, foto profile tidak sama, suara yang berbeda.

Jangan buru-buru senang, karena bisa jadi itu adalah modus penipuan baru yang sedang marak terjadi. Para penipu ini akan berpura-pura mengenal kamu dan meminta bantuan finansial dengan berbagai alasan. Jika kamu tidak hati-hati, kamu bisa kehilangan uang dan data pribadimu.

Baca juga: Love Scaming, Penipuan Cinta yang Menguras Uang dan Hati, Berikut Mengenali dan Menghindari

Para penipu ini akan berpura-pura mengenal korbannya untuk melancarkan aksinya. Berikut beberapa tips agar kamu tidak tertipu:

1. Jangan Langsung Percaya dan Ikuti Perintah Pelaku

Tetap waspada dan jangan langsung percaya meskipun orang tersebut mengaku sebagai teman lama. Hindari memberikan informasi pribadi, seperti alamat rumah, nomor KTP, atau PIN ATM kepada siapapun, termasuk orang yang mengaku sebagai teman lama.

Baca juga: Mafia Tiongkok Ternyata Punya Pabrik Penipuan di Perbatasan Thailand Begini Cara Operasinya

2. Ajak Berbicara dan Berikan Pertanyaan Pribadi

Ajaklah orang tersebut berbicara untuk memastikan identitasnya. Berikan pertanyaan-pertanyaan yang hanya kamu dan teman lamamu yang tahu jawabannya. Jika jawabannya tidak sesuai, patut dicurigai.

3. Cek Rekening dan Nomor Pelaku

Sebelum melakukan transfer uang, periksa rekening tujuan di layanan CekRekening.id dan nomor seluler pelaku di AduanNomor.id. Layanan ini dapat membantu kamu untuk mengetahui apakah rekening atau nomor tersebut terdaftar sebagai penipu.

4. Hubungi Teman Lamamu yang Asli

Jika kamu masih ragu, hubungi teman lamamu yang asli melalui nomor telepon atau akun media sosial yang terverifikasi untuk memastikan apakah dia benar-benar orang yang menghubungimu.

5. Segera Laporkan ke Pihak Berwajib

Jika kamu merasa telah menjadi korban penipuan, segera laporkan ke pihak berwajib terdekat.

Ingatlah, selalu berhati-hati dan jangan mudah percaya kepada orang yang tidak dikenal, meskipun mereka mengaku sebagai teman lama. Sebarkan informasi ini kepada keluarga dan teman-temanmu agar mereka juga tidak menjadi korban penipuan.

Tips tambahan:

Jangan mudah tergoda dengan tawaran yang diberikan oleh orang yang mengaku sebagai teman lama, seperti tawaran bisnis atau hadiah.

Selalu konfirmasi informasi dengan cara menghubungi teman lamamu yang asli melalui saluran yang terpercaya.

Gunakan aplikasi pesan instan yang terverifikasi untuk berkomunikasi dengan teman lamamu.

Aktifkan fitur keamanan pada akun media sosial dan aplikasi pesan instanmu untuk menghindari penipuan.***